Dokumen Geografis: 11 Kota Di AS, 6 Di Spanyol Sandang Nama ‘Madinah Munawwarah’

Oleh:

|

Kategori:

Sejumlah data geografis menyingkap, ‘Madinah Munawwarah’ merupakan nama yang paling luas penyebarannya di negara-negara di dunia, khususnya Spanyol yang pernah sekian abad pernah dikuasai umat Islam dan juga negara-negara di Amerika Tengah dan Latin yang pernah takluk di bawah kekuasaan Spanyol.

Harian ‘el Hayat’ menyebutkan, ‘Yang paling mengagumkan lagi, bahwa penamaan dengan ‘Madinah’ demikian santer di Amerika Serikat (AS) melebihi yang ada di negara-negara lain. Di sembilan distrik di AS terdapat sejumlah kota menyandang nama ini, belum lagi di Amerika ada sebuah sungai yang diberi nama ‘Sungai Madinah.’ Demikian pula, salah satu jalan di Karachi, Pakistan juga menyandang nama ‘Madinah Munawwarah,’ yaitu sebuah kota di propinsi Punjab. Nama ini juga merupakan nama sebuah kota besar di Ghana.

Sedangkan di Spanyol, terdapat enam kota yang menyandang nama kota Rasulullah saw itu. Demikian pula terdapat kota di Kolombia dan Dominika menyandang nama itu.

Kota dengan nama ‘Madinah’ juga terdapat di dua kota di Malta dan Mali. Anehnya pula, ‘Madinah’ juga merupakan nama sebuah pinggiran besar di Perth, sebelah barat Australia. Belum lagi, di Hungaria juga terdapat kota ‘Madinah’.

Sejumlah sungai juga menyandang nama ‘Madinah, demikian juga kota di sebuah pulau di Inggeris.

Sedangkan di AS, sejumlah kota juga menyandang nama ‘Madinah,’ yaitu di distrik-distrik seperti Illinois, Minnesota, New York, Dacota utara, Tennessee, Texas, Washington dan Wisconsin. Sementara distrik Ohayo sendirian memiliki dua kota dengan nama ini.

Dalam pada itu, di AS, tepatnya di distrik-distrik California, Indiana, Ohayo terdapat tiga kota menyandang nama ‘Mekkah Mukarramah.’ Hanya saja, karena kekhususannya, tidak terdapat kota yang menyandang nama ibukota suci di seluruh dunia itu. (almkhtsr/AS)

Sumber: Alsofwah