20 ribu warga “Israel” demo tolak kepemimpinan Netanyahu

Oleh:

|

Kategori:

Ribuan warga "Israel" gelar demo tolak kepemimpinan Netanyahu.

TEL AVIV (Arrahmah.id) – Sekitar 20 ribu warga “Israel” menggelar aksi demonstrasi di sepanjang jalan di tiga kota untuk menyuarakan penolakan mereka atas pemerintahan baru di bawah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Dilansir AFP, demonstrasi tersebar di tiga kota, yaitu Tel Aviv, Yerusalem, dan Haifa.

Di tengah guyuran hujan, para demonstran berarak sembari membawa papan-papan bertuliskan berbagai slogan anti-pemerintah, seperti “pemerintahan memalukan” dan “Turunkan diktator!”

Tak hanya di Tel Aviv, demonstrasi juga terlihat di depan kediaman Netanyahu di Yerusalem, juga di Kota Haifa.

Ini merupakan demonstrasi terbesar setelah pemerintahan Netanyahu mengambil alih kekuasaan di “Israel” pada Desember lalu.

Berdasarkan laporan Reuters, para demonstran menolak rencana Netanyahu untuk mereformasi aturan mengenai Mahkamah Agung.

Kritikus menganggap perubahan itu dapat melemahkan independensi proses kehakiman, melindungi korupsi, melanggar hak asasi kelompok minoritas, dan meruntuhkan kredibilitas sistem pengadilan.

Para penggagas demonstrasi pun terus membakar semangat warga agar mau ikut turun ke jalan meski hujan mengguyur.

“Pegang bendera ‘Israel’ di satu tangan, dan payung di tangan lainnya. Keluarlah untuk melindungi demokrasi dan hukum di negara ‘Israel’,” ucap mantan Menteri Pertahanan “Israel”, Benny Gantz, yang mengikuti demo di Tel Aviv.

Merujuk pada jajak pendapat Channel 13 TV pekan lalu, sebanyak 53 persen responden memang menolak rencana reformasi aturan tersebut. Sementara itu, 35 persen lainnya setuju.

Popularitas Netanyahu sendiri saat ini masih rendah, terutama karena ia naik takhta ketika masih terjerat sejumlah kasus korupsi. (rafa/arrahmah.id)