Mengenal Teknologi Cable Data dan Infrared

0 79

Apa itu teknologi Cable data dan Infrared. Namun sebelumnya, lebih baik kita mengenal dulu apa itu Teknologi Wireless LAN adalah Jaringan komputer yang terhubung melalui tanpa kabel.

Local Area Network (LAN) dari komputer dan peralatan lainnya yang berkomunikasi lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi.

Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network).

Konvergensi digital antara dunia komputer dengan telekomunikasi saat ini sudah tidak dapat dielakkan lagi, kebutuhan akan pertukaran data dan informasi antara satu perangkat dengan perangkat lain tanpa mengenal jenis perangkat merupakan kebutuhan yang saat ini sedang diminati.

Teknologi Cable data adalah media kabel sebagai jembatan untuk menghubungkan data yang tersimpan di PC (personal computer) keperangkatlainnya seperti HP, PDA, Ipod dan lain sebagainya. Begitupun sebaliknya, namun kita tahu dengan kabel berarti mengurangi sifat mobiles, dan flesibelitas, serta tidak efisien.

Sedangkan tekologi Infrared adalah teknologi pertama dan paling memasyarakat, sudah sangat umum yang terdapat dipengendali yang beredar di pasaran, misalnya remote tv.

Prinsip kerjanya sangat sederhana, processor kecil pada remote akan menterjemahkan penekanan tombol menjadi intruksi bahasa mesin (bilangan biner) yang dikirimkan melalui infrared ke TV. Dan data diubah kembali menjadi instruksi yg dikenal TV.

Konsorsium yang mengatur dan megurusi infrared adalah IrDA) Infrared Data Associate, memiliki panjang gelombang sekitar 875 nm. Sinar yang dihasilkan dan dipancarkan didapatkan dari sebuah lampu LED biasa yang dapat diproduksi dengan sangat murah.

Ada dua versi yaitu versi 1.0 memiliki kecepatan dari 0,576 hingga 115,2 kbps, sementara versi 2.0 memiliki kecepatan 0,576 hingga 1,152 Mbps.

Kekurangan Infrared :

Setiap devices harus terarah dan “bertatap muka” langsung karena infrared menggunakan sinyal terarah dan biasnya hanya 30 derajat. Teknologi yang cukup tua, kecepatan yang sangat terbatas Jarak yang sangat terbatas dan tidak flesibel, mobiles Teknologi Infrared, Bluetooth adalah suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan interkoneksi data tanpa menggunakan media kabel. Antara satu teknologi dengan teknologi ini mempunyai standar masing-masing.

Oleh : Dadan Rusmawan>cybermq

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya