Lima Hari, 147 Tewas dan Luka, 58 Tertawan oleh Taliban

0 101

Afghanistan (armnews) – Selain dikabarkan telah kembali menguasai separuh wilayah Afghan, dalam lima hari serangan, pejuang Taliban telah menewaskan 147 tentara NATO.

Al Mafkarah Al Islam hari Kamis (29/11) kemarin melansir lima hari serangan pejuang Taliban di berbagai wilayah di Afghanistan menyebabkan 147 tentara NATO dan Afganistan tewas dan terluka, hancurnya 26 kendaraan militer dan 9 tank serta tertawannya 58 tentara Afghanistan.

Pada hari Ahad (25/11), telah terbunuh 17 tentara NATO dan Afghanistan, dan 17 lainnya terluka saat Taliban melakukan serangan di propinis Kunar, Dzabihullah jubir Taliban mengatakan bahwa pihaknya menggunakan RPG dalam serangan yang berlangsung 4 jam tersebut.

Pada hari Senin (26/11) Taliban berhasil meledakkan kendaraan ranger milik tentara Afghanistan di wilayah Ghazni yang menyebabkan 6 tentara tewas dan terluka. Di Mudiriyah yang masih berada di wilayah Taliban Ghazni berhasil membunuh seorang tentara NATO dan melukai satu lainnya.

Taliban juga menyerang salah satu pos militer di Mudiriyah yang menyebabkan tewasnya 3 tantara Afghanistan . Di wilayah Zabul juga terjadi kontak senjata sepanjang siang, yang menyebabkan tewasnya 10 tentara NATO dan Afghanistan, sedangkan 3 pejuang Taliban terluka setelah NATO melakukan serangan udara.

Di Paktia Taliban berhasil meledakkan kendaraan militer yang menyebabkan tewasnya 4 tentara Afghanistan , dan 2 terluka. Sedangkan di wilayah Farah Taliban juga menyerang patroli militer yang menyababkan hancurnya sebuah tank dan tewas dan terlukanya 8 tentara.

Pada hari Selasa (27/11) Taliban berhasil menghancurkan markas militer yang berada di antara Herat dan Mudiriyah, 5 tewas. Sedangkan serangan di Kabul menyebabkan hancurnya 3 kendaraan militer dan tewasnya 12 tentara NATO dan 7 lainnya terluka.

Sedangkan pada hari Rabu (28/11), Taliban melakukan serangan terhadap kendaraan militer Afghanistan di Paktika yang menewaskan 3 dan 2 tentara terluka.

Di wilayah Ghazni 12 kendaraan militer yang bergerak menuju Kabul berhasil dihancurkan, tapi tidak disebutkan jumlah korban tewas maupun terluka. Sedangkan di Nuristan, Taliban berhasil menghancurkan 8 kendaraan militer dan 24 tentara tewas dan terluka.

Di Baglan Taliban berhasil membunuh 8 tentara, dan 7 lainnya terluka, dua pemimpinnya Majid Khan dan Abdul Ahmad serta 50 pasukannya menyatakan bergabung dengan Taliban.

Di antara Jalalabad dan Logman dua pengemudi bahan bakar tentara Afghanistan berhasil ditawan. Sedangkan di Farah 8 tentara berhasil ditawan dan 3 pos berhasil dihancurkan, dan 3 pejuang Taliban juga mengalami luka. Di Herat 12 tentara Afganistan tewas setelah bom mobil meledak di dekat sebuah konvoi, hingga 4 kendaraan militer hancur.

Sumber: Hidayatullah

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya