Google Terjemahan Kini Mencakup Bahasa Indonesia

0 108

JAKARTA – Situs penerjemahan Google kini tersedia dalam 34 bahasa. Bahkan sekarang pengguna bahasa Indonesia di seluruh dunia dapat mencari dan membaca konten internet berbahasa asing dalam bahasa mereka sendiri dengan layanan ini.

Dengan layanan web gratis ini, pengguna bahasa Indonesia dapat menerjemahkan teks frase atau halaman web tertentu dari dan ke bahasa Indonesia. Mereka juga dapat menggunakan kata-kata kunci dalam bahasa Indonesia untuk mencari halaman web yang diterbitkan dalam 34 bahasa dan hasilnya diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, Google juga menyediakan sebuah alat (atau gadget) yang dapat digunakan oleh pemilik situs berbahasa Indonesia untuk menerjemahkan secara instan halaman web mereka ke 34 bahasa lainnya.

“Di Google kami percaya bahwa Internet bisa meningkatkan akses ke semua sumber informasi dunia tanpa memandang bahasa. Google Terjemahan memungkinkan pengguna Internet untuk menyumbang dalam upaya membantu meningkatkan hasil terjemahan dari dan ke bahasa Indonesia. Apabila pengguna Internet mendapati sebuah terjemahan yang tidak akurat, fitur ini memungkinkan mereka untuk menyarankan terjemahan yang lebih baik dibandingkan dengan mesin penerjemahan,” ungkap Google Southeast Asia Marketing Manager Derek Callow, melalui keterangan resminya, Kamis (11/12).

Untuk menerjemahkan seluruh isi sebuah halaman web, seperti misalnya situs berbahasa Jepang tentang animasi terbaru dari negeri sakura itu, masukkan URL atau alamat web ke dalam kotak ‘Terjemahkan laman web’ dan pilih Bahasa Indonesia sebagai tujuan bahasa yang Anda ingin terjemahkan. Dalam beberapa detik, Google mampu menganalisa isi dari halaman web itu dan menghasilkan konten ke dalam bahasa Indonesia atau salah satu dari 34 bahasa yang dapat anda pilih.

Google Terjemahan dapat menjadi solusinya. Di bawah tab ‘Penelusuran Diterjemahkan’, ketik topik pencarian dalam bahasa Indonesia dan memilih bahasa yang diinginkan dari situs-situs dunia. Dalam beberapa detik, Google akan menerjemahkan permintaan Anda, melakukan pencarian web, dan menerjemahkan hasil pencarian ke dalam bahasa Indonesia. Jika link hasil pencarian diklik maka halaman web tersebut akan diterjemahkan juga.

Aplikasi penerjemahan atau terjemahan bahasa otomatis merupakan alat yang sangat berguna bagi pengguna Internet untuk segera mendapatkan akses dan gambaran web konten dalam bahasa yang mereka tidak ketahui dengan baik. Meskipun mesin terjemahan tidak sempurna, para pengguna yang sebelumnya tidak mampu membaca situs web asing, kini bisa mendapatkan pemahaman dasar tentang konten asing. Selain itu, Google juga memiliki fungsi untuk menyarankan terjemahan yang lebih baik bagi pengguna jika mereka menemukan terjemahan yang aneh atau tidak tepat. Google menggunakan masukan ini untuk membantu meningkatkan kualitas terjemahan di masa mendatang.

Google Terjemahan saat ini mendukung bahasa-bahasa: Arab, Indonesia, Bulgaria, Catalan, China, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Filipina, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Yahudi, Hindi, Italia, Jepang, Korea, Latvia , Lithuania, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Ukraina dan Vietnam. (okz)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya