Ribuan Muslim Bangladesh protes, kuil-kuil Buddha dibakar setelah orang Buddhis menyebarkan foto yang memfitnah Al-Quran

85

DHAKA (Arrahmah.com) – Ribuan Muslim Bangladesh, sekitar 25.000 orang, turun ke jalan untuk memprotes sebuah foto yang disebar di situs jejaring sosial Facebook yang telah memfitnah Al-Qur’an.

Para demonstran membakar sedikitnya lima kuil Buddha dan rumah-rumah di kota Ramu dan desa sekitarnya, sekitar 350 kilometer dari ibukota Dhaka, pada hari Ahad (30/9/2012) yang dipicu oleh foto yang melecehkan Islam yang diunggah oleh seorang Buddhis, seperti dilansir AFP.

Para demonstran mengatakan bahwa foto yang memfitnah kitab suci Al-Qur’an itu diunggah di Facebook oleh seorang pria Buddhis dari daerah tersebut, kata petugas distrik setempat Joinul Bari.

“Mereka menjadi sulit dikendalikan dan menyerang rumah-rumah Buddhis, membakar dan merusak kuil-kuil sejak Ahad dini hari,” kata Bari kepada AFP.

“Sedikitnya 100 rumah rusak. Kami menyeru tentara dan para penjaga perbatasan untuk memadamkan kerusuhan,” tambahnya.

Petugas kepolisoan Rumia Khatun mengatakan bahwa, “25.000 Muslim meneriakkan ‘Allahu Akbar'” dalam serangan pertama terhadap sebuah dusun di kota Ramu, membakar kuil-kuil tua, dan krmudian menyerbu desa-desa Buddhis di luar Ramu.

Sementara itu belum jelas apakah ada korban jiwa dalam insiden tersebut atau tidak.  (siraaj/arrahmahc.om)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah