Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT luar biasa Palestina

150

RABAT (Arrahmah.com) – Sekretariat Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyambut baik keputusan Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT luar biasa untuk membahas perkembangan isu Palestina di Jakarta, pada tanggal 6-7 Maret.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh OKI, KTT Jakarta akan dikhususkan untuk masalah Palestina terkait dengan kebijakan “Israel” yang menindas rakyat Palestina, mengubah demografi Yerusalem dan menyerang masjid Al-Aqsa, sebagaimana dilansir oleh MEMO, Senin (25/1/2016).

Sekretaris Jenderal OKI, Iyad Bin Amin Madani, mengadakan pembicaraan ekstensif dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki untuk membahas persiapan dan pengaturan untuk KTT mendatang tentang isu Palestina dan Yerusalem. Mereka sepakat untuk membentuk komite persiapan untuk penyelenggaraan KTT tersebut.

Sebelumnya, pada Agustus tahun lalu, Kerajaan Maroko dinyatakan akan menjadi tuan rumah KTT Khusus tersebut namun OKI kemudian meralat dan akan dipindah ke Jakarta. OKI sendiri menyambut baik kesiapan Jakarta tersebut, lansir PIC.

Rencana untuk menggelar KTT khusus Palestina ini datang setelah adanya permintaan dari Presiden Palestina, Mahmud Abbas. Abbas meminta OKI untuk mengkonsolidasikan dan meningkatakan upaya dalam mendukung rakyat Palestina dalam memperjuangkan hak-hak mereka, termasuk hak dalam kebebasan beribadah.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya