Untuk Pertama Kalinya, Universitas Turki Tawarkan Program Master Studi Al-Quds

ANKARA (Arrahmah.com) – Pada tahun akademik yang akan datang, universitas Turki untuk pertama kalinya akan menawarkan program master khusus untuk mempelajari Yerusalem (Al-Quds).

“Tujuan dari program ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan, karena kita [dunia Muslim] harus memiliki narasi kita sendiri tentang isu Palestina dan Al-Quds pada khususnya,” kata Prof. Dr. Abdul-Fattah al-Owaisi, kepala program studi Al-Quds di Ilmu Sosial Universitas Ankara, lansir Anadolu Agency, Jumat (17/8/2018).

Al-Owaisi, yang berasal dari sebuah desa dekat Yerusalem, mengatakan bahwa program itu bertujuan untuk menghasilkan para sarjana yang mengkhususkan diri dalam studi Al-Quds.

“Program master ini tidak hanya yang pertama bagi universitas di Turki, tetapi bagi seluruh dunia Muslim,” katanya.

Al-Owaisi menjelaskan, program multidisipliner ini juga akan fokus pada hubungan internasional.

“Karena Anda tidak dapat memahami hubungan internasional dan ilmu politik tanpa latar belakang sejarah yang baik”, tandasnya.

Al-Owaisi mengatakan, universitas tersebut baru-baru ini juga telah mendirikan Pusat Penelitian Al-Quds. Dia menegaskan pentingnya memiliki akses ke arsip era Utsmani dalam bidang studi khusus ini.

“Ini merupakan keuntungan besar bagi mahasiswa kami untuk dapat mengakses arsip-arisp Utsmani,” ujarnya.

“Arsip-arsip tersebut merupakan sumber yang sangat kaya, terutama dalam hal sejarah kekhalifahan Utsmani dan kontribusi Utsmani kepada Al-Quds,” imbuhnya.

“Karena kota ini menghabiskan 400 tahun di bawah kekuasaan Utsmani, maka Turki adalah tempat yang ideal untuk mempelajari sejarah Utsmani serta pengaruhnya,” jelas Al-Owaisi.

(ameera/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya