BNPB: Gempa di Donggala Berpotensi Tsunami, Warga Jauhi Pantai!

272

DONGGALA (Arrahmah.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperingatkan masyarakat di kawasan sekitar Donggala di Sulawesi Tengah, menyusul gempabumi 7,7 skala richter dan berpotensi tsunami pada Jumat (28/9/2018).

Melansir laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, BNPB menetapkan daerah-daerah tertentu yang berpotensi tsunami, antara lain Donggala bagian barat, Donggala bagian utara, Mamuju bagian utara, Kota Palu bagian barat.

Potensi ketingian tsunami bervariasi antara setengah meter dan kurang dari setengah meter.

“Masyarakat di daerah-daerah itu agar menjauh dari pantai,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam perbincangan dengan tvOne pada Jumat petang.

Sutopo merinci status di masing-masing daerah itu, di antaranya Donggala bagian barat berstatus siaga, Donggala utara siaga, Mamuju bagian utara dan Kota Palu bagian barat waspada.

“Di Kota Palu bagian barat potensi tsunami tidak lebih dari setengah meter,” katanya.

Sutopo mengaku belum menerima informasi tentang korban jiwa atau luka akibat gempabumi itu di masing-masing daerah terdampak. Tetapi dia berjanji selekasnya menginformasikan kepada publik kalau memang ada korban.

Sumber: Viva.co.id.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya