12 rumah warga Lubuklinggau rusak dihantam Puting beliung

0 128

PALEMBANG (Arrahmah.com) – sebanyak 12 rumah dan kebun warga rusak akibat angin puting beliung yang menghantam Kelurahan Jogoboyo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau, Sumsel.

Peristiwa itu terjadi bersamaan dengan adanya fenomena hujan es, Senin (15/10) sore. Angin kencang datang yang langsung merusak apapun yang dilewatinya.

Menurut keterangan Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, kerusakan yang terjadi di rumahnya warga rata-rata di bagian atap terlepas. Ada juga bagian dinding roboh secara utuh.

“Pendataan kita ada 12 unit rumah warga yang rusak ringan maupun berat, kebun terkena juga,” ungkap Ansori, Selasa (16/10/2018), lansir Merdeka.com.

Menurutnya, secara keseluruhan kerugian warga dari musibah ini sekitar Rp 80 juta.

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya akan mengupayakan bantuan kepada para korban.

“Hari ini tim membersihkan puing-puing reruntuhan dan mulai memperbaiki kerusakan,” kata dia.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo, mengatakan, dari prakiraan cuaca pada bulan ini sebagian besar wilayah Sumsel sudah memasuki musim hujan.

Hujan lebat akan diperparah dengan timbulnya petir dan angin kencang. Nandang menghimbau warga agar selalu waspada.

“Sudah masuk musim hujan, waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Sedangkan puncak musim hujan diperkirakan Januari sampai Maret 2019,” jelasnya.

(ameera/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya