DPR RI minta pemerintah tindak tegas kapal Cina di Natuna

388

JAKARTA (Arrahmah.com) – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta pemerintah untuk menindak tegas kapal coast guard Cina dan puluhan kapal lainnya, yang diduga mencuri ikan di perairan Natuna. Menurutnya, langkah pemerintah Indonesia melayangkan nota protes ke Cina belum lah cukup.g

“Saya minta Pemerintah RI bukan hanya protes atas manuver kapal coast guard Tiongkok saat mengawal puluhan kapal yang diduga mencuri ikan di sekitar 3,8 Nautical Miles dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia,” katanya dalam siaran pers pada Jumat (3/1/2020) malam.

Kharis menilai kapal-kapal tersebut harus diberi tindakan tegas, terarah dan terukur jika memang mereka terbukti melanggar kedaulatan RI.

“Kalau terbukti, beri tindakan tegas, terukur, dan jelas. Kita tidak pernah main-main soal kedaulatan NKRI,” imbuhnya, sebagaimana dilansir Tempo.

Kharis juga meminta pemerintah Cina tak asal klaim kawasan itu sebagai milik mereka.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Geng Shuang mengaku mereka memiliki kedaulatan di Kepulauan Nansha, Laut Cina Selatan, yang posisinya berdekatan dengan Natuna.

“Hukum internasional ada ZEE, dan Natuna serta wilayah yang meliputinya sejauh 200 mil laut itu jelas wilayahnya Republik Indonesia,” tutupnya. (rafa/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya