Arab Saudi Kembali Jatuhkan Hukuman Untuk Ulama

0 966

ARAB SAUDI (Arrahmah.com) – Arab Saudi kembali menjatuhkan hukuman terhadap ulama dan akademis terkemuka. Kali ini giliran syaikh Yusuf al Ahmad yang dijatuhi dijatuhi hukuman empat tahun penjara, lapor Middle East Eye (31/12/2020).

Syaikh Ahmad telah ditahan sejak September 2017, ketika otoritas Saudi menangkap sejumlah ulama dan intelektual, termasuk ulama populer Syaikh Salman al Audah.

“Berita tentang dia benar. Dia telah dijatuhi hukuman empat tahun penjara,” kata Abdullah al Audah, direktur penelitian di DAWN yang juga putra Syaikh Salman al Audah.

Sebelumnya Syaikh Ahmad pernah ditangkap pada 2011 setelah mengkritik penguasa Saudi. Dia kemudian dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena dianggap telah melakukan penghasutan terhadap penguasa, namun pada November 2012 dia kemudian diberikan pengampunan oleh Raja Abdullah bin Abdulaziz.

Pandangan Syaikh Ahmad di masa lalu dianggap kontroversial oleh Saudi. Ulama tersebut telah berulang kali menolak westernisasi oleh pemerintah Saudi, termasuk menentang kebijakan yang berusaha membuka pekerjaan dan pendidikan bagi perempuan.

Arab Saudi pun sebelumnya telah menangkapi ulama lain termasuk syaikh Salman al Audah. Mereka umumnya ditangkap karena mengkritisi kebijakan yang dikeluarkan kerajaan. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya