Mesir buka kembali wilayah udara untuk Qatar

0 55

KAIRO (Arrahmah.com) – Mesir membuka kembali wilayah udaranya ke penerbangan Qatar pada Selasa dan akan memungkinkan dimulainya kembali penerbangan antara kedua negara, sumber penerbangan dan media pemerintah mengatakan, Selasa (12/1/2021).

Sebuah pesawat Qatar Airways akan mendarat di Kairo hari Jumat, kata pejabat bandara, berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media, dikutip Al Jazeera.

Pencabutan larangan penerbangan Mesir memungkinkan penerbangan Qatar melintasi wilayah udara Mesir dan maskapai nasional dari kedua negara untuk menyerahkan jadwal operasi penerbangan untuk persetujuan, surat kabar negara Al-Ahram melaporkan.

Perjanjian yang akan diaktifkan juga akan memungkinkan pengangkutan barang antara kedua negara, menurut sumber dari otoritas penerbangan sipil dan kementerian penerbangan.

Mesir dan sekutunya di Teluk – Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain – memberlakukan embargo terhadap Qatar pada Juni 2017 atas tuduhan mendukung “terorisme”.

Qatar selalu membantah klaim tersebut.

Blokade berakhir setelah pertemuan puncak di Arab Saudi pekan lalu, di mana Mesir menyatakan dukungannya untuk rekonsiliasi regional tetapi tidak mengumumkan langkah konkret untuk mengakhiri boikot.

Setelah tiga setengah tahun putus hubungan diplomatik dan ekonomi, keempat negara yang memboikot itu menandatangani deklarasi dengan Qatar di KTT tahunan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) pekan lalu untuk mengakhiri perselisihan.

Arab Saudi, UEA, dan Bahrain juga telah membuka wilayah udara mereka untuk Qatar. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah