Longsor dan Banjir Melanda Depok, Rumah Roboh

0 462

JAKARTA (Arrahmah.com) – Longsor dan banjir menyusul hujan deras kembali terjadi di sejumlah wilayah di Kota Depok, Jawa Barat, pada Jumat (19/2/2021). Ketinggian air bahkan ada yang mencapai satu meter.

Longsor terjadi di dinding Kali Kupet yang menempel pada Perumahan Griya Merdeka Timur 1, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Tanah yang ambles menyebabkan sebagian tiga rumah terdampak.

“Longsor menyebabkan dua rumah terancam bahaya. Penghuni harus diungsikan sementara,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denny Romulo, lansir VIVA.

Di kawasan Bedahan satu rumah warga ambruk. Tidak ada korban dari serangkaian peristiwa itu.

Menurut lurah setempat, Hasan, rumah tersebut mestinya dibangun hanya untuk satu lantai, tetapi rumah itu dibangun dua lantai, sehingga ambruk karena kurang kokoh.

Hujan deras yang mengguyur Kota Depok sejak Jumat dini hari juga menyebabkan banjir, di antaranya di kawasan Kampung Panjang Citayam, Kampung Bulak Barat, Kecamatan Cipayung, kemudian di kawasan Studio Alam Sukmajaya, di wilayah Pancoran Mas, Jalan Pramuka, dan di wilayah Taman Duta Sukmajaya.

Di wilayah Studio Alam, banjir terjadi akibat situ atau danau meluap hingga menyebabkan sejumlah rumah warga terendam dengan ketinggian air sekira 40 sentimeter.

Sedangkan di Kampung Bulak, banjir karena Kali Pesanggerahan meluap dengan ketinggian sekira 50 sentimeter.

Akses jalan Kampung Bulak Barat tidak dapat dilalui kendaraan.

Di wilayah Pancoran Mas, air merendam permukiman warga dengan ketinggian sekira 40-50 sentimeter.

Sementara di Kampung Utan Citayam ketinggian air mencapai sekira satu meter.

(ameera/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya