Bahas Perdamaian di Afghanistan, Taliban Temui Utusan PBB di Doha

0 150

DOHA (Arrahmah.com) – Kepala kantor politik Taliban di Doha, Mullah Abdul Ghani Baradar, bertemu dengan perwakilan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Afghanistan, Deborah Lyons, ungkap juru bicara PBB Naeem Wardak (10/3/2021).

Sebelumnya, dikutip Eurasian Times (10/3), diketahui bahwa Lyons telah bertemu dengan kepala tim negosiasi Afghanistan di Doha, Mohammad Masoom Stanekzai, untuk membahas perdamaian intra-Afghanistan.

“Sebuah pertemuan terjadi antara kepala kantor politik Imarah Islam Afghanistan (IIA) Mullah Abdul Ghani Baradar dengan SRGS Deborah Lyons dan timnya kemarin malam,” tulis Wardak di Twitter.

Juru bicara tersebut mencatat bahwa kedua belah pihak membahas proses perdamaian intra-Afghanistan, potensi mengeluarkan Taliban dari daftar hitam PBB, dan proposal Washington untuk memasukkan perwakilan Taliban di pemerintah Afghanistan.

“Seiring dengan situasi Afghanistan saat ini, proposal yang diajukan IIA sedang kami pertimbangkan,” kata Wardak.

Juru bicara itu menambahkan bahwa delegasi Taliban juga meminta PBB untuk mempromosikan pemenuhan perjanjian Amerika Serikat (AS) – Taliban.

Februari lalu di Doha, Taliban dan pemerintah Afghanistan mencapai kesepakatan penting, yang dimediasi oleh AS. Namun negosiasi Doha gagal untuk mengakhiri konfrontasi di lapangan. Kedua belah pihak masih terus melakukan kontak bersenjata. (Hanoum/Arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya