Al-Jubeir: Semua drone dan rudal yang menargetkan Saudi adalah buatan Iran

0 444

RIYADH (Arrahmah.com) – Serangan terhadap Arab Saudi dalam beberapa pekan terakhir memiliki kaitan dengan Iran karena dilakukan dengan menggunakan senjata buatan Iran atau yang dipasok oleh Iran, kata seorang pejabat senior Saudi pada Jumat (19/3/2021).

“Semua rudal dan drone yang masuk ke Saudi adalah buatan Iran atau dipasok oleh Iran,” kata Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir dalam sebuah wawancara.

Beberapa dari mereka, seperti yang telah kami katakan, berasal dari utara, beberapa datang dari laut,” katanya kepada Arab News, merujuk pada serangan terhadap fasilitas Saudi Aramco.

Houtsi yang didukung Iran terus meluncurkan drone bermuatan bom dan rudal balistik di Arab Saudi hampir setiap hari.

Dan terlepas dari kecaman AS atas serangan itu, pemerintahan Biden terus maju dengan mencabut penunjukan teroris dari kelompok Houtsi Yaman beberapa hari setelah Presiden Joe Biden menjabat.

Washington dan kelompok bantuan lainnya mengklaim bahwa penunjukan itu akan mempersulit bantuan kemanusiaan mengalir ke seluruh negeri. Menurut pejabat AS dan PBB, Yaman adalah rumah bagi salah satu bencana kemanusiaan terbesar di dunia.

Biden juga mencabut daftar Pemimpin Yaman dan dua pejabat senior lainnya dalam Daftar Khusus Teroris Global (SDGT).

Tapi Al-Jubeir mengatakan penunjukan teroris tidak dan tidak akan menghentikan bantuan ke negara itu.

Al-Jubeir melanjutkan dengan memberikan contoh negara yang menjadi tuan rumah bagi organisasi teroris, seperti “Hizbullah” Libanon. Ini tidak menghentikan bantuan sampai ke negara tersebut.

Houtsi adalah masalahnya, Al-Jubeir bersikeras, mengatakan mereka mencuri bantuan asing dan menjualnya untuk “membiayai mesin perang mereka.”

Al-Jubeir menambahkan: “Mereka melantik anak laki-laki -9, 10, 11 tahun- dan menempatkan mereka di medan perang, yang bertentangan dengan hukum internasional dan pelanggaran berat hak asasi manusia.” (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya