Al-Quran Utuh Selamat Saat Kebakaran Melanda Rumah Adat Bugis 'Bola Soba' di Sulsel

0 249

BONE (Arrahmah.com) – Salah satu rumah adat Bugis ‘Bola Soba’ di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terbakar. Sebuah Al-Quran yang ada di dalamnya ditemukan masih utuh.

Salah satu warga, Kaswadi mengaku dirinya takjub saat melihat kondisi Al Quran yang ditemukan pada tumpukan puing-puing sisa kebakaran.

“Saya menemukan pertama kali dibawah tumpukan sisa kayu terbakar. Masyaallah, ini sebuah keagungan dan bukti Allah melindungi kitab sucinya,” tuturnya, Sabtu (20/3/21).

Dia mengungkapkan, berdasarkan keterangan pihak Sekretariat Sanggar Seni Saoraja Bola Soba Bone, posisi kitab suci itu tidak jauh dari ruangan sumber api muncul.

Barang-barang yang ada di ruangan itu turut terbakar kecuali Al Quran yang berada di belakang lemari. Adapun kondisi Al Quran tersebut, hanya terbakar di bagian sampul dan sisi kertasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Ansar Amal memastikan bahwa tidak ada benda pusaka peninggalan kerajaan Bone yang berada di ‘Bola Soba’.

“Saya pastikan tidak ada benda peninggalan kerajaan disitu. Yang ada disana seperti silsilah keturunan kerajaan, baju Bodo, alat musik dan lainnya,” sebut Ansar, lansir RRI.co.id.

Di lokasi, Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Ardy Yusuf mengatakan, pihak Inafis sementara ini telah melaksanakan serangkaian penyelidikan atas penyebab kebakaran.

“Sumber api dari belakang rumah (Bola Soba). Beberapa kabel ditemukan terbakar dan kami akan berkoordinasi dengan Puslabfor Polda Makasaar untuk olah TKP,” jelasnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya