Al Arabiya: Cina beberkan rencana 'lindungi' Timteng

0 451

DUBAI (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi pada Rabu (25/3/2021) mengumumkan lima poin inisiatif untuk keamanan dan stabilitas di Timur Tengah kepada Al Arabiya.

Sang menteri, yang mengunjungi Arab Saudi, mengatakan kepada saluran itu bahwa Cina menyerukan “saling menghormati di antara negara-negara Timur Tengah.”

Yi menekankan pentingnya mendukung upaya negara-negara di kawasan terkait Suriah dan Yaman.

Wang menyatakan dukungan Cina untuk Saudi dalam rangka menyelesaikan konflik di Yaman, menekankan bahwa pihaknya mencerminkan tekad Riyadh untuk mengatasi krisis Yaman. Ia juga berharap bisa melaksanakan inisiatif itu secepatnya.

Inisiatif perdamaian Saudi mencakup gencatan senjata nasional dan pembukaan kembali hubungan udara dan laut dengan wilayah yang dikuasai oleh kelompok Houtsi di Yaman.

Wang juga membahas masalah Palestina dan “Israel”, dan menyerukan solusi dua negara, menekankan bahwa negaranya akan mengirim undangan kepada tokoh Palestina dan “Israel” untuk berdialog di Cina.

Dia juga menekankan bahwa Cina menyerukan non-proliferasi senjata nuklir di Timur Tengah, menambahkan, “upaya negara-negara di kawasan itu harus didukung untuk memastikan bahwa mereka bebas dari senjata nuklir.”

Selama kunjungannya ke Arab Saudi, menlu Cina diperkirakan bertemu dengan mitranya dari Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan dan Nayef Al-Hajraf, Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk.

Ia diperkirakan membahas hal-hal yang menjadi kepentingan bersama, dan cara memperkuat hubungan bilateral kedua negara. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya