Rusia tawarkan bantuan untuk atasi masalah di Terusan Suez

0 379

MOSKOW (Arrahmah.com) – Duta Besar Rusia untuk Mesir pada Ahad (28/3/2021) menawarkan negara itu “bantuan apa pun yang mungkin”, saat upaya berlanjut untuk membebaskan megaship yang telah memblokir Terusan Suez selama hampir seminggu.

MV Ever Given terjebak secara diagonal di sepanjang kanal sejak Selasa, menghalangi jalur air di kedua arah.

Dalam komentarnya kepada kantor berita RIA Novosti yang dikelola pemerintah, duta besar Rusia Georgy Borisenko mengatakan bahwa Moskow siap membantu sebisa mungkin.

“Kami berharap masalah ini dapat diatasi dalam waktu dekat, pekerjaan saluran akan dipulihkan, dan, tentu saja, kami siap untuk memberikan bantuan yang mungkin dari pihak kami kepada teman-teman Mesir kami,” kata duta besar Rusia seperti dilansir AFP.

Borisenko menambahkan bahwa Mesir belum menghubungi Moskow untuk mendapatkan dukungan, tetapi mengatakan Rusia “berempati dengan apa yang terjadi sekarang di Terusan Suez,” menggambarkannya sebagai “jalur air yang penting bagi seluruh dunia.”

Pada Sabtu, kepala Otoritas Terusan Suez Osama Rabie mengatakan kepada wartawan bahwa kapal besar itu bisa mengapung pada Ahad malam.

Kemacetan telah melumpuhkan perdagangan internasional dan memaksa perusahaan-perusahaan besar untuk mempertimbangkan kembali rute kapal di sekitar Tanjung Harapan Afrika, cara yang lebih lama dan lebih mahal untuk melakukan perjalanan antara Asia dan Eropa.

Sementara itu, duta besar Rusia lainnya awal pekan ini memanfaatkan penyumbatan Terusan Suez untuk mempromosikan rute pengiriman utara Rusia sebagai alternatif yang dapat diandalkan, bagian dari dorongan yang lebih luas oleh Moskow untuk mengembangkan Kutub Utara dan memanfaatkan perubahan iklim.

Moskow telah berinvestasi besar-besaran dalam pengembangan Rute Laut Utara yang memungkinkan kapal memotong perjalanan ke pelabuhan Asia hingga 15 hari dibandingkan dengan rute konvensional melalui Terusan Suez. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya