Pasca normalisasi, di tengah ketegangan dengan Turki, "Israel", UEA, Yunani, Siprus bersua

0 128

YERUSALEM (Arrahmah.com) – Menteri luar negeri “Israel”, Emirat, Yunani, dan Siprus akan bertemu di Siprus selama dua hari mulai Jumat (16/4/2021), kata Siprus dan “Israel”.

“Israel” menyatakan pembicaraan di Paphos, pantai barat pulau itu, akan menjadi pertemuan pertama yang melibatkan empat negara, sebagai bagian dari upaya untuk memajukan kepentingan strategis regional.

Para menteri akan membahas masalah ekonomi dan keamanan, pandemi virus korona, dan kemungkinan koridor perjalanan untuk mendorong pariwisata, kata kementerian luar negeri “Israel” dalam sebuah pernyataan pada Kamis (15/4).

Kementerian luar negeri Siprus mengatakan mereka juga akan bertemu dengan Presiden Nicos Anastasiades di Paphos pada Sabtu, meskipun delegasi UEA akan mengambil bagian melalui tautan video.

Siprus mengatakan pembicaraan empat arah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang berlangsung hingga Sabtu, akan “memanfaatkan prospek yang dibuka” oleh “normalisasi hubungan baru-baru ini antara “Israel” dan Uni Emirat Arab”.

UEA dan “Israel” meresmikan hubungan tahun lalu, satu dari empat kesepakatan yang ditengahi AS antara Israel dan negara-negara Arab.

Pembicaraan itu juga menyusul ketegangan antara Turki dan tetangganya terkait eksplorasi gas di Mediterania timur. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah