Iran bersikukuh tak sengaja jatuhkan pesawat Ukraina

0 163

TEHERAN Arrahmah.com) – Kementerian luar negeri Iran telah “menolak keras” pernyataan kepala keamanan Ukraina bahwa penembakan pesawat penumpang tahun lalu disengaja, menuduhnya mempolitisasi masalah tersebut.

Juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh mengatakan pada Sabtu (17/4/2021), dikutip Al Jazeera, sangat disayangkan bahwa para pejabat Ukraina terus secara terbuka menyiarkan “hipotesis pribadi dan prasangka” meskipun laporan teknis yang disajikan Iran.

Dia mengatakan tampaknya Ukraina tidak menyelesaikan kasus Penerbangan PS752, yang jatuhnya menewaskan 176 orang di dalamnya, dan ingin mendapatkan keuntungan politik dengan “menghubungkan kecelakaan yang menyakitkan ini dengan masalah lokal atau urusan luar negeri dengan negara lain”.

Komentar itu muncul setelah Oleksiy Danilov, sekretaris dewan pertahanan dan keamanan nasional Ukraina, mengatakan insiden itu adalah “serangan sengaja” yang mungkin ditujukan untuk mencegah Amerika Serikat menyerang Iran.

Penerbangan Ukraine International Airlines ditembak jatuh dengan dua rudal ditembakkan dari sistem pertahanan udara Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) pada awal Januari 2020, beberapa jam setelah Iran menembakkan rudal ke dua pangkalan AS di negara tetangga Irak.

Serangan terhadap kepentingan AS itu sebagai tanggapan atas pembunuhan Qassem Soleimani, jenderal tertinggi Iran, dalam serangan pesawat tak berawak yang diperintahkan beberapa hari sebelumnya oleh Presiden Donald Trump. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya