Setelah Hampir Seabad, Hagia Sophia Kembali Gelar Shalat Jumat Di Bulan Ramadhan

0 286

ISTANBUL  (Arrahmah.com) – Ribuan orang mengikuti shalat Jumat pertama di bulan Ramadhan yang digelar di Hagia Sophia, sejak alih fungsi bangunan ini tahun lalu.

Ini adalah shalat Jumat di bulan Ramadhan pertama yang dilakukan setelah adanya putusan 10 Juli tahun lalu yang mencabut status museum dari bangunan era Bizantium ini, yang sudah berjalan sejak 1934.

Melansir In Cyprus Phile News pada Jumat (16/4/2021), para jamaah duduk dengan rapih sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Mereka duduk di karpet hijau yang diproduksi di Provinsi Manisa, salah satu pabrik karpet pertama di Turki.

Terbuat dari bulu domba 100 persen, karpet hijau yang dipasang dengan motif Ottoman abad ke-17.

Bangunan berusia 1.500 tahun ini semula adalah katedral yang dijadikan masjid lalu museum dan jadi masjid lagi.

Pada 1934, di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern setelah jatuhnya kekhalifahan Utsmani, masjid itu dijadikan museum.

Lukisan dan ornamen Kristiani akan ditutup tirai dengan menggunakan mekanisme khusus selama waktu shalat, tetapi tetap akan dipajang.

Bangunan ini didirikan pada abad keenam sebagai katedral, namun dijadikan masjid pada 1453 ketika Ottoman, biasa disebut juga dengan Kekhalifahan Utsmaniyah di bawah Mehmed II atau Sultan Muhammad Al Fatih, menaklukkan Konstantinopel yang kemudian berganti nama menjadi Istanbul. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya