Bulan Ramadhan, Muslim Indonesia di Inggris gelar pengajian online

0 55

LONDON (Arrahmah.com) – Bulan Ramadhan tahun ini menjadi momen yang berharga bagi umat Islam Indonesia yang berada di Inggris. Pasalnya KBRI London menggandeng beberapa komunitas Muslim, seperti Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) UK, Muhammadiyah UK, KIBAR, dan Firdaus UK untuk menyelenggarakan pengajian rutin.

Pengajian tersebut diselenggarakan secara online setiap Sabtu, dengan mengundang beberapa narasumber dari berbagai negara.

Pengajian online tersebut diikuti oleh ratusan Muslim Indonesia yang kini berada di berbagai daerah di Inggris Raya, seperti London, Manchester, Edinburg dan Glasgow di Scotland hingga Swansea di Wales.

Duta Besar Republik Indonesia di London Desra Percaya, mengungkapkan bahwa Ramadhan menjadi ruang silaturahmi bersama. Pihaknya menginginkan agar warga Indonesia di Inggris dapat berdialog melalui kegiatan-kegiatan virtual yang diselenggarakan.

“KBRI London berharap bahwa dengan mematuhi protokol kesehatan, semua warga dapat melaksanakan ibadah Ramadhan secara baik. Kegiatan-kegiatan pengajian virtual diharapkan dapat memperkuat keimanan dan kesehatan rohani di masa pandemi,” ungkap Desra Percaya, dalam wawancara dengan ANTARA.

Desra menambahkan hendaknya Ramadhan tahun ini dijadikan sebagai sarana muhasabah diri, sehingga akan melahirkan pribadi yang lebih baik lagi.

“Meskipun ini bukan Ramadhan pertama untuk masyarakat Indonesia di UK (Inggris Raya) dan Irlandia yang dijalankan dalam keadaan di tengah pandemi, mohon dimaknai ini adalah kesempatan kedua yang diberikan kepada kita untuk lebih fokus lagi dalam melakukan muhasabah diri,” jelasnya.

“Manfaatkan kesempatan kedua ini untuk lebih fokus kepada bagaimana kita secara pribadi dapat merubah diri kepada kebaikan dan memperkuat solidaritas untuk memberikan manfaat bagi keluarga, orang-orang terdekat, dan masyarakat secara luas,” imbuhnya.

“Semoga Ramadhan kali ini memberikan semangat yang lebih lagi kepada kita semua untuk membentuk pribadi yang memiliki jiwa dengan pengaruh positif yang besar,” pungkas Desra, yang bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Irlandia dan IMO sejak Oktober 2020.

Pengajian online Muslim Indonesia di Inggris pada pekan pertama bertema “Mukjizat Puasa”,pekan kedua bertema “Implementasi nilai-nilai puasa dalam berbangsa dan bernegara”, pekan ketiga bertema “Islam di UK dan Solidaritas Global”, dan pekan keempat bertema “Ibadah Ramadhan bagi Anak-anak”.

Khasan Ashari, Deputi Chief of Mission (DCM) KBRI London, mengungkapkan bahwa pengajian bersama yang digelar di bulan Ramadhan ini merupakan kolaborasi yang indah.

“Ini menunjukkan betapa eratnya tradisi silaturahmi di antara kita, dan kami berkeyakinan bahwa pengajian ini merupakan salah satu cerminan kerukunan warga Indonesia di UK dan Irlandia,” katanya. Ia menyampaikan harapan acara tersebut dapat terus berlanjut. (rafa/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya