HAMAS Jogokariyan serahkan dana untuk beli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402

0 830

YOGYAKARTA (Arrahmah.com) – Karamnya kapal selam KRI Nanggala 402 menjadi duka yang mendalam seluruh masyarakat Indonesia. Kapal yang mengangkut 53 awak tersebut tenggelam saat menjalani latihan bersama di perairan utara Bali.

Menyadari pentingnya menjaga wilayah perairan Indonesia, Himpunan Anak-anak Masjid (HAMAS) Jogokariyan pada Ahad (25/4/2021), melakukan aksi penggalangan dana untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402 yang karam.

“Indonesia adalah negara kelautan, sehingga sudah semestinya armada laut harus dikuatkan. Maka kami gerakkan masyarakat Indonesia untuk barengan patungan membantu Angkatan Laut (AL) kita agar mempunyai armada  yang kuat untuk menjaga kekayaan dan keutuhan wilayah Indonesia,” ujar M Fanni Rahman selaku ketua Takmir Masjid Jogokariyan, kepada koresponden Hidayatullah pada Ahad (25/4).

Fanni juga mengungkapkan dengan adanya armada TNI AL yang kuat diharapkan kekayaan laut yang dimiliki oleh negara Indonesia dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang.

“Indonesia adalah Negara Maritim, dengan kekayaan laut luar biasa. Dengan memiliki armada kuat, kekayaan laut kelak bisa diwariskan untuk anak cucu kita ke depan,” paparnya.

Dan pada Senin (26/4), perwakilan HAMAS Jogokariyan dan Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Ustadz Muhammd Jazir menyerahkan dana yang telah didapatkan melalui Pangkalan AL Yogyakarta.

Dana pengganti kapal selam RI Nanggala-402 yang diserahkan mencapai sekitar Rp 6,58 juta. Selain itu, Masjid Jogokariyan juga menyerahkan dana simpati dan kehormatan bagi keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402 sebesar Rp 15 juta.

Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Damayanti mengatakan, dana yang sudah disampaikan akan dilaporkan kepada pimpinan atas.

“Untuk dana ini yang dari adek-adek (HAMAS Jogokariyan) akan kami laporkan pada pimpinan atas, dalam hal ini Komandan Lantamal untuk nanti akan diajukan ke atas,” kata Damayanti, pada Senin (26/4).

Sementara itu, dana simpati dan kehormatan akan diserahkan langsung ke keluarga awak kapal selam KRI Nanggala 402. Salah satunya ke keluarga awak kapal selam KRI Nanggala 402 KLS Isy Gunadi Fajar Rahmanto yang ada di Kabupaten Bantul. (rafa/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah