Masjid Jogokariyan prakarsai penggalangan dana pembelian kapal selam pengganti KRI Nanggala 402

0 136

YOGYAKARTA (Arrahmah.com) – Masjid Jogokariyan memprakarsai penggalangan dana untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala yang karam di perairan utara Bali. Penggalangan dana tersebut diumumkan melalui akun Instagram @masjidjogokariyan.

Jamaah Masjid Jogokariyan menyadari bahwa negara Indonesia yang merupakan negara maritim memerlukan armada laut yang kuat untuk menjaga keamanan nasional dan kekayaan tak ternilai yang ada di dalamnya.

“Tugas berat yang selama ini diemban oleh TNI Angkatan Laut menghadapi berbagai tantangan dari kurangnya personel dan armada, luasnya wilayah yang harus dijaga, besarnya kekayaan yang mengundang kepentingan asing, hingga penyusupan-penyusupan terus terjadi,” tulis akun @masjidjogokariyan pada Selasa (27/4/2021).

Atas kesadaran tersebut Masjid Jogokariyan akhirnya memutuskan untuk mengajak seluruh putra-putri Indonesia yang berjiwa patriot dan cinta negeri berpartisipasi dalam penggalangan dana pembelian kapal selam pengganti KRI Nanggala 402.

“Setelah KRI Nanggala 402 beserta seluruh awaknya yang gugur syahid menjalani ‘Eternal Patrol’, mari kita seluruh rakyat Indonesia, bahu-membahu mengulurkan tangan dan sumbangsih membangun kekuatan armada laut kita agar kembali berjaya,” lanjut pernyataan yang tertulis di akun @masjidjogokariyan.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam donasi itu, Masjid Jogokariyan mencantumkan nomor rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7202002298 atas nama Masjid Jogokariyan. Selain itu, juga dicantumkan nomor Whatsapp 081311351136 untuk konfirmasi donasi.

Sebelumnya pada Ahad (25/4), Himpunan Anak-anak Masjid (HAMAS) Jogokariyan juga melakukan aksi penggalangan dana untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402 yang karam.

Himpunan Anak-anak Masjid (HAMAS) Jogokariyan menggalang dana beli kapal selam baru sebagai bentuk keprihatinan atas musibah Nanggala-402, Minggu (25/4/2021). (Foto: dok Masjid Jogokariyan)

Lewat aksi penggalangan dana tersebut, HAMAS Jogokariyan berhasil mengumpulkan sekitar Rp 6,58 juta untuk pembelian kapal selam pengganti KRI Nanggala 402, dan Rp 15 juta untuk keluarga awak kapal KRI Nanggala 402 yang gugur. Dana tersebut kemudian diserahkan ke Pangkalan Armada Laut Yogyakarta pada Senin (26/4).

Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Damayanti mengatakan, dana yang sudah disampaikan akan dilaporkan kepada pimpinan atas.

“Untuk dana ini yang dari adek-adek (HAMAS Jogokariyan) akan kami laporkan pada pimpinan atas, dalam hal ini Komandan Lantamal untuk nanti akan diajukan ke atas,” kata Damayanti, pada Senin (26/4).

Sementara itu, dana simpati dan kehormatan akan diserahkan langsung ke keluarga awak kapal selam KRI Nanggala 402. Salah satunya ke keluarga awak kapal selam KRI Nanggala 402 KLS Isy Gunadi Fajar Rahmanto yang ada di Kabupaten Bantul. (rafa/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah