Pangkalan Militer Nigeria Diserang ISWAP, 33 Tentara Tewas

0 140

MAINOK (Arrahmah.com) – Kelompok militan kembali menyerbu pangkalan militer di timur laut Nigeria. Tak kurang 30 tentara tewas sebelum akhirnya mereka mundur ketika ada serangan udara, kata tentara dan seorang warga seperti dilansir France24, Senin (26/4/2021).

Para penyerang yang diyakini berasal dari kelompok Islamic State West Africa Province (ISWAP) menyerang pangkalan di kota Mainok dari Ahad (25/4) sore, seperti dikutip France24.

Meningkatnya kekekerasan di Nigeria telah menewaskan sejumlah tentara dan warga sipil tahun ini. Lebih dari sebulan lalu, sekitar 30 tentara tewas dalam empat serangan oleh kelompok ISWAP di timur laut Nigeria.

Seorang juru bicara militer mengatakan mereka akan mengeluarkan pernyataan tentang insiden itu tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

Sumber tersebut mengatakan 33 tentara tewas dalam serangan hari Ahad itu.

Para anggota ISWAP mengenakan kamuflase militer dan tiba dengan sekitar 16 truk senjata dan enam kendaraan militer tahan ranjau, kata salah seorang tentara.

Setelah beberapa jam, mereka merebut pangkalan dan tentara meminta serangan udara.

“Saya melihat mereka saat bertempur dengan tentara,” kata penduduk Ba Umar Abba Tuja.

“Ketika jet tempur mulai melayang di udara, (militan) melarikan diri ke komunitas dan bersembunyi di sekolah dasar.”

Tuja mengatakan para militan pergi sekitar tengah malam.

Seorang tentara mengatakan serangan udara justru menghantam pasukan militer karena pakaian mereka yang serupa dengan para militan.

Angkatan Udara Nigeria, dalam sebuah unggahan di Twitter, mengatakan sedang menyelidiki masalah itu. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya