Setelah Penantian Panjang, Akhirnya UAS Bisa Berjumpa Cak Nun

0 512

JOMBANG (Arrahmah.com) – Penantian panjang Ustadz Abdul Somad untuk dapat berjumpa dengan budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) akhirnya tertunaikan.

Penceramah kondang asal Riau itu akhirnya dapat bertemu dengan Cak Nun di Jombang, Jawa Timur.

Momen pertemuan tersebut diunggah UAS di akun Instagramnya, Sabtu (22/5/2021).

UAS bersama istrinya, Fatimah Az Zahra, berfoto bersama dengan Cak Nun yang juga didampingi istrinya, Novia Kolopaking.

UAS menuturkan, dirinya sejak lama penasaran dengan Cak Nun setelah dosen tasawufnya menceritakan tentang Cak Nun.

“Tasauf itu tidak meninggalkan dunia, tetap terkenal tapi sederhana, seperti Emha Ainun Najib, kata pak Nazaruddin dosen Tasauf saya di IAIN Sultan Syarif Kasim tahun 1996. Sejak saat itu aku mencari-cari berita tentangnya,” cerita UAS.

Tahun 1998, UAS ke Mesir, temannya memiliki banyak bukunya Cak Nun. UAS kemudian membacanya. Di antara bukun Cak Nun yang dibaca adalah Slilit Sang Kyai.

“Sampai hari ini, aku tetap menontonnya di Youtube. Rencana kawan-kawan mempertemukan di Jogja, di Gontor, di Jogja lagi. Ku biarkan taqdir berjalan mengikuti alurnya. Jam 10 lewat sedikit, roda kendaraan mulai berputar, mataku pun mulai berhenti, aku tertidur. Insya Allah akan ketemu di Jogja.”

Tiba-tiba, teman-temannya memberitahukan bahwa mereka sudah sampai di tempat Cak Nun di Jombang.

“Masih di Jombang. Seperti walimah nikah. Ternyata wisuda SMK. Bertemu dengan bibit bibit hijau penuh semangat. Ternyata, pertemuan di sini yang tertulis di Lauhul-Mahfuzh,” ujar UAS.

UAS menyebutkan, banyak hikmah yang diperolehnya. UAS duduk dan makan di rumah Ibunda tempat Cak Nun dibesarkan hingga 1966.

“Panjang cerita beliau, sepanjang jalan kenangan. Tentang pagar-pagar yang membiarkan diri dilompati seenaknya. Tentang sosok yang disangkakan jauh dari rasa takut, tapi pada hakikatnya amat sangat ketakutan. Perpisahan tak mampu menghentikan kami, karena doa tetap menyertai,” tutupnya.

Unggahan UAS menuai tanggapan dari warganet yang turut senang dengan pertemuan UAS dengan Cak Nun.

(ameera/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya