180.000 Warga Inggris Demo Untuk Palestina, Minta "Israel" Diberi Sanksi

0 200

LONDON (Arrahmah.com) – Sekitar 180.000 demonstran pro Palestina berunjuk rasa di London dan kota-kota Inggris lainnya pada Sabtu (22/5/2021) untuk memprotes serangan udara Israel di Jalur Gaza selama pertempuran dengan kelompok militan Palestina.

Para pengunjuk rasa menyerukan sanksi terhadap “Israel” selama pawai di London, dikutip dari Reuters (23/5).

Banyak yang mengibarkan bendera Palestina dan menyalakan obor asap merah dan hijau. Yang lainnya membawa spanduk bertuliskan “Bebaskan Palestina”, “Hentikan Pengeboman Gaza” dan “Sanksi terhadap Israel”.

Beberapa pengunjuk rasa menyalakan suar yang menunjukkan warna bendera Palestina saat mereka berkumpul di Trafalgar Square di ibu kota London, sambil meneriakkan “Palestina akan merdeka”.

Penyelenggara pawai, termasuk Palestine Solidarity Campaign dan Friends of Al Aqsa, memperkirakan bahwa setidaknya 180.000 orang menghadiri demonstrasi London, menjadikannya protes pro Palestina terbesar dalam sejarah Inggris, Middle East Eye melaporkan.

Protes juga terjadi di kota-kota Inggris lainnya, termasuk Birmingham dan Liverpool, ketika seruan meningkat kepada Inggris untuk menjatuhkan sanksi kepada Israel atas tindakannya.

Gencatan senjata pada Jumat, yang dimediasi oleh Mesir, mengakhiri 11 hari permusuhan, di mana militer “Israel” menggempur Gaza dengan serangan udara yang dikatakan sebagai tanggapan terhadap roket yang ditembakkan ke Israel oleh militan Palestina.

Pejabat medis Gaza mengatakan 248 orang tewas di daerah kantong Palestina, dan pejabat bantuan kemanusiaan telah menyatakan keprihatinan tentang situasi kemanusiaan di sana.

Pejabat kesehatan mengatakan 13 orang tewas di “Israel”, di mana militer “Israel” mengatakan Hamas, Jihad Islam dan kelompok militan Palestina lainnya menembakkan sekitar 4.350 roket, banyak di antaranya tidak mencapai “Israel” atau dicegat dengan Iron Dome. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya