Anies: Prioritas Kita Sepeda Menjadi Alat Transportasi

0 71

JAKARTA (Arrahmah.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat Ibu Kota mulai membangkitkan kebiasaan bersepeda untuk alat transportasi. Pihaknya terus konsisten dalam memberikan fasilitas untuk transportasi sepeda.

“Kemudian kegiatan-kegiatan hobi lainnya dibatasi jamnya di saat jam sedang sepi, tapi prioritas kita adalah sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar sebagai alat sport. Jadi justru yang kita dorong adalah itu,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021), lansir Merdeka.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan bila jalan raya bukanlah milik salah satu moda transportasi.

Karena hal itu, Anies meminta agar masyarakat dapat saling menghormati dan menjaga keselamatan.

“Jadi jangan sampai ada yang menggunakan jalan tanpa memikirkan keselamatan orang lain maupun keselamatan dirinya,” ucapnya.

Selain itu, Anies juga menyebut bila Pemprov DKI Jakarta masih terus menyediakan jalur sepeda. Sebab saat ini sepeda sebagai alat transportasi tidak mewajibkan pengguna menggunakan fasilitas khusus.

“Sepedanya juga bisa apa saja, tinggal bersepeda pakai helm. Kami mengharapkan masyarakat Jakarta mulai membiasakan diri memakai sepeda,” ujar dia.

Sementara itu, dia meminta agar gedung perkantoran di Ibu Kota menyediakan fasilitas parkir untuk sepeda. Hal tersebut untuk menyediakan para masyarakat yang bepergian menggunakan sepeda.

“Gedung-gedung memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir sepeda, minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia,” kata Anies.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya