Houtsi Siap Lakukan Pembicaraan Damai

0 1

SANA’A (Arrahmah.com) – Seorang anggota Dewan Politik Tertinggi di Pemerintah Keselamatan Nasional yang dipimpin Houtsi mengatakan kelompok itu siap untuk mengambil bagian dalam negosiasi yang diadakan oleh Qatar untuk membantu mengakhiri perang enam tahun melawan Yaman.

Menurut twit pada Selasa, Mohammed Ali Al-Houtsi mengatakan: “Jika negara-negara agresor menanggapi secara positif pesan Sultan [Oman], saya percaya bahwa tidak ada hambatan dalam pandangan kami untuk [mengadakan] pertemuan dan menyelesaikan dialog di Qatar.”

Dalam twit sebelumnya dia menyatakan: “Kami menghargai upaya perdamaian Oman. Keberhasilan upaya ini tergantung pada kesepakatan negara-negara agresor [koalisi Saudi] dan keseriusan mereka dalam mencapai kesepakatan yang layak dan memberikan kompensasi kepada negara atas kerugiannya.”

Oman memiliki sikap netral di kawasan itu dan mempertahankan hubungan dengan Arab Saudi, Iran, dan Houtsi, yang secara resmi dikenal sebagai Ansarallah. Kesultanan telah mengambil peran yang lebih menonjol sebagai mediator dalam pembicaraan damai yang didukung PBB dalam beberapa bulan terakhir, sekitar waktu Arab Saudi mengumumkan inisiatif kesepakatan damainya sendiri, meskipun ini ditolak oleh Ansarallah yang skeptis dengan keseriusan mereka.

Pekan lalu delegasi Oman mengunjungi ibukota Yaman Sanaa dan bertemu dengan pemimpin gerakan Ansarallah, Sayyid Abdulmalik Al-Houtsi.

Pada Februari dilaporkan bahwa Doha telah menggunakan kekuatan diplomatiknya sejak pelantikan Presiden AS Joe Biden untuk menampilkan dirinya sebagai “mediator netral”, setelah sebelumnya memfasilitasi pembicaraan saluran belakang antara negara Yaman dan Houtsi antara 2007 dan 2010.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya