Kesuksesan Cepat Taliban Mengejutkan Pakistan

0 0

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Berhasilnya kelompok militan Taliban menguasai distrik-distrik penting di Afghanistan pasca pasukan Amerika Serikat (AS) dan NATO mengejutkan pemerintahan Pakistan, kata para pejabat Pakistan yang menangani situasi Afghanistan kepada The Express Tribune (27/6/2021)

Kini Taliban sudah menguasai 142 distrik penting dan sedang berusaha menguasai sekitar 170 distrik lainnya. Pekan ini, mereka merebut Shir Khan Bandar, gerbang utama perbatasan utara ke Tajikistan.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam penilaian kami, kami tidak pernah berpikir Taliban bisa membuat terobosan secepat itu setelah awal penarikan AS,” kata seorang pejabat senior saat berbicara kepada The Express Tribune dengan syarat anonim.

“Mereka (Taliban) telah memperluas pengaruh mereka sejauh perbatasan Tajikistan,” katanya

Yang mengkhawatirkan Pakistan adalah kurangnya perlawanan atau sedikit perlawanan yang ditawarkan oleh pasukan keamanan Afghanistan dalam menghadapi serangan gencar Taliban.

Tentara Nasional Afghanistan memiliki kekuatan total 300.000 tentara sementara Taliban diyakini memiliki 10.000 prajurit bersenjata lengkap.

“Informasi yang kami dapatkan dari lapangan adalah bahwa Taliban yang mengendarai sepeda dapat mengambil alih APC [Armoured Personnel Carriers]. Ini tidak dapat dipercaya,” tambah pejabat itu.

Taliban mengklaim bahwa di banyak distrik mereka mengambil kendali setelah pasukan keamanan Afghanistan menyerah atau melarikan diri. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya