Taliban luncurkan operasi tuk kuasai Ghazni

0 629

GHAZNI (Arrahmah.com) – Pejuang Imarah Islam Afghanistan (Taliban) telah melancarkan serangan ke Ghazni, bentrok dengan pasukan Afghanistan dan menggunakan bahan peledak dalam upaya untuk merebut kota Afghanistan tengah, kata pejabat setempat.

Operasi pada Selasa (29/6/2021) di Ghazni, di jalan raya yang menghubungkan ibu kota Kabul dengan provinsi selatan Kandahar, meningkatkan serangan Taliban terhadap pemerintah dan terjadi saat pasukan asing bersiap untuk keluar dari negara yang dilanda perang dalam waktu kurang dari tiga bulan, lansir Al Jazeera.

Sementara pejabat senior Afghanistan mengonfirmasi serangan Taliban, mereka juga mengatakan bahwa pasukan Afghanistan berusaha untuk mendapatkan kembali kendali atas wilayah yang hilang.

Taliban telah memiliki kehadiran yang kuat di provinsi Ghazni selama bertahun-tahun, tetapi pejabat polisi provinsi mengatakan serangan semalam dari beberapa arah adalah yang paling ganas yang diluncurkan oleh kelompok bersenjata itu.

Bentrokan meningkat di dekat pos pemeriksaan keamanan di daerah Shaikh Ajal dan Ganj di kota Ghazni, memaksa pemilik toko untuk menutup pasar utama.

“Situasi di Ghazni berubah, sebagian besar daerah yang hilang di pinggiran telah diambil kembali oleh pasukan Afghanistan,” klaim Abdul Jami, seorang anggota dewan provinsi di Ghazni.

Jalan ke daerah itu ditutup dan telekomunikasi terputus sehingga menyulitkan kelompok bantuan dan pejabat untuk menilai jumlah korban.

Ketika pasukan Afghanistan memerangi Taliban di Ghazni dan bagian lain negara itu, para pejabat mengklaim beberapa warga sipil secara aktif bergabung dalam pertempuran melawan kelompok itu.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya