Tentara Pakistan tewas dalam penembakan di perbatasan Afghanistan

0 2

PAKTIKA (Arrahmah.com) – Tembakan lintas batas oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di provinsi Paktika Afghanistan telah menewaskan sedikitnya dua tentara Pakistan, kata militer negara itu, saat memperbarui seruan agar Afghanistan mengelola keamanan di sisi perbatasannya.

Pasukan Pakistan di pos militer di wilayah Waziristan Utara yang menjadi sasaran, membalas tembakan, kata militer Pakistan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (30/6/2021), lansir Al Jazeera.

“Pakistan secara konsisten telah meminta Afghanistan untuk memastikan kontrol perbatasan yang efektif di pihak mereka,” bunyi pernyataan singkat Pakistan.

“Pakistan mengutuk keras penggunaan tanah Afghanistan secara terus-menerus untuk kegiatan teroris melawan Pakistan.”

Insiden itu mengulangi tuduhan Pakistan bahwa pasukan negara itu diserang oleh para pejuang Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan sekutunya yang diduga berbasis di Afghanistan timur.

Afghanistan tidak segera menanggapi tuduhan terbaru, tetapi telah membantah bahwa pemerintahnya mengizinkan kelompok-kelompok seperti itu untuk beroperasi di tanah Afghanistan di masa lalu.

Afghanistan menentang pagar perbatasan sepanjang 2.600 km (1.615 mil) antara kedua negara, saat memperdebatkan lokasinya.

Pakistan mulai secara sepihak membangun pagar di perbatasan pada Maret 2017 dalam upaya untuk mengendalikan aliran pejuang kelompok bersenjata yang melintasinya.

Konstruksi penghalang, yang umumnya dibangun dari pagar kawat di atasnya dengan kawat berduri, berlanjut di beberapa bagian provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan Balochistan di Pakistan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya