Khan: Negara tetangga harus selamatkan Afghanistan dari perang sipil

0 0

KARACHI (Arrahmah.com) – Islamabad bekerja dengan kekuatan regional untuk memastikan penyelesaian politik di negara tetangga Afghanistan dan mencegah potensi perang saudara menyusul penarikan AS, kata perdana menteri Pakistan, Senin (5/7/2021).

“Kami berhubungan dengan negara-negara regional untuk penyelesaian politik di Afghanistan. Kami juga akan menghubungi Taliban (untuk membujuk mereka) untuk itu,” kata Imran Khan pada peluncuran beberapa proyek pembangunan di pelabuhan Gwadar yang strategis di provinsi Balochistan barat daya.

“Semua negara tetangga harus memainkan peran mereka untuk menyelamatkan Afghanistan dari perang saudara,” tambahnya, memperingatkan bahwa konflik seperti itu akan “menghancurkan” perdagangan Pakistan dengan negara-negara Asia Tengah.

Khan mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi tentang masalah Afghanistan dan akan menghubungi negara-negara lain yang relevan.

Islamabad telah mengkritik penarikan tergesa-gesa AS dari Afghanistan yang dilanda perang tanpa membangun struktur pemerintahan yang kredibel di Kabul.

Meskipun penarikan itu dijadwalkan akan selesai pada 11 September, Taliban telah melancarkan serangan berani untuk merebut beberapa distrik utama di Afghanistan, yang semakin meregangkan dan menurunkan moral pasukan keamanan negara itu. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya