Jederal Tertinggi AS di Afghanistan lepaskan komando

0 0

KABUL (Arrahmah.com) – Jenderal tertinggi AS di Afghanistan melepaskan komando pada Senin (12/7/2021) pada upacara resmi di ibu kota, isyarat simbolis terbaru yang membawa perang terpanjang Amerika lebih dekat ke akhir.

Pada saat Imarah Islam Afghanistan (Taliban) membuat kemajuan besar di seluruh negeri, Jenderal Austin “Scott” Miller –perwira tertinggi di Afghanistan– menyerahkan komando kepada Jenderal Kenneth McKenzie, kantor berita AFP melaporkan.

Miller telah berada di Afghanistan sejak 2018, tetapi pada bulan Mei diperintahkan oleh panglima tertinggi Presiden Joe Biden untuk mengatur penarikan terakhir pasukan AS, yang akan selesai pada akhir Agustus.

Sejak Mei, sebagian besar dari 2.500 tentara Amerika yang tersisa di Afghanistan telah pergi, dan AS juga telah menyerahkan Pangkalan Udara Bagram kepada pasukan Afghanistan, pangkalan yang menjadi pusat bagi pasukan koalisi melakukan operasi melawan Taliban dan kelompok bersenjata selama dua dekade terakhir.

Sekitar 650 anggota militer AS diperkirakan akan ditempatkan di Kabul untuk menjaga kompleks diplomatik Washington, tempat upacara hari Senin berlangsung, lansir Al Jazeera.

Pejabat tinggi Afghanistan dan perwira militer menghadiri upacara di dalam zona hijau yang dijaga ketat.

Presiden Joe Biden telah menegaskan kembali bahwa AS akan tetap terlibat di Afghanistan dengan bantuan kemanusiaan.

AS juga berkomitmen untuk menghabiskan 4,4 miliar USD setiap tahun untuk mendanai pasukan keamanan Afghanistan hingga 2024. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya