Prancis minta warganya tinggalkan Afghanistan

0 0

PARIS (Arrahmah.com) – Prancis pada Selasa (13/7/2021) meminta semua warganya di Afghanistan untuk meninggalkan negara itu karena masalah keamanan, kata kedutaan besar Prancis di Kabul, ketika Taliban terus melakukan serangan besar-besaran sementara pasukan asing menyelesaikan penarikan mereka.

“Pemerintah akan menyiapkan penerbangan khusus pada pagi hari 17 Juli, berangkat dari Kabul, untuk memungkinkan kembalinya seluruh komunitas Prancis ke Prancis,” kata kedutaan dalam sebuah pernyataan, menambahkan penerbangan itu akan bebas biaya.

“Kedutaan Prancis secara resmi merekomendasikan kepada semua warga negara Prancis untuk mengambil penerbangan khusus ini atau segera meninggalkan negara itu dengan cara mereka sendiri.”

Prancis bergabung dengan daftar negara yang terus bertambah yang telah menyuruh warganya pergi, atau mengevakuasi mereka – termasuk dalam beberapa hari terakhir India dan Cina.

Kedutaan mengatakan tidak akan berada dalam posisi untuk memastikan keberangkatan aman warga yang memilih untuk tinggal di luar 17 Juli.

Taliban telah melancarkan serangan di seluruh negeri sejak awal Mei, ketika pasukan asing pimpinan AS memulai penarikan terakhir mereka, yang sekarang hampir selesai.

Kelompok ini telah menyapu sebagian besar wilayah utara, dan pemerintah sekarang hanya memiliki sedikit lebih banyak daripada konstelasi ibu kota provinsi yang sebagian besar harus dipasok kembali melalui udara. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya