Mantan Bintang NBA Dipuji Usai Dukung Uighur Pada Big 3

0 0

NEVADA (Arrahmah.com) — Mantan pemain NBA Royce White dipuji oleh kelompok aktivis Uighur setelah mendukung muslim Uighur pada pertandingan pembukaan liga bola basket Big 3.

Pada pertandingan yang disiarkan oleh CBS ini, pemain berusia 30 tahun tersebut mengangkat T shirt dengan slogan “Free The Uyghurs” ketika dia diwawancara pasca pertandingan di tepi lapangan.

“Bebaskan Uighur, dua juta etnis minoritas di Turkestan Timur, Cina, di kamp konsentrasi. Sesuatu yang harus kita bicarakan, Anda tahu saya akan selalu membicarakan hal-hal yang sebenarnya,” ujar White, dikutip dari South China Morning Post (13/7/2021).

Kelompok aktivis Uighur kemudian menyebarkan wawancara White, termasuk lembaga Kongres Uighur Dunia, dan menunjukan perbedaan sikap yang kontras antara Big 3 dan NBA.

“Tahun lalu, NBA meminta maaf ketika manajer umum, Daryl Morey menyuarakan dukungan untuk protes di Hong Kong,” tulis mereka, merujuk pada tweet mantan GM Houston Rockets Morey pada Oktober 2019.

“Tahun ini, mantan pemain NBA [Royce White] menyoroti genosida Uighur dalam wawancara pasca pertandingan. Terima kasih, kami membutuhkan lebih banyak atlet seperti White,” tambah mereka.

Dalam pesan lain mereka menulis: “Terima kasih telah membela suara-suara Uighur.”

Liga bola basket profesional tiga lawan tiga Big 3, didirikan oleh Ice Cube. Liga kali ini memulai musimnya dari Orleans Arena di Paradise, Nevada, pada hari Sabtu (10/7), dengan White bergabung untuk tim Power. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya