Terbaring sekian lama karena sakit, penghina Nabi Muhammad SAW asal Denmark ini akhirnya meninggal dunia

0 0

KOPENHAGEN (Arrahmah.com) – Kartunis Denmark Kurt Westergaard, yang terkenal karena menggambar karikatur Nabi Muhammad SAW dan memicu kemarahan Muslim di seluruh penjuru dunia, telah meninggal pada usia 86 tahun.

Westergaard meninggal setelah sekian lama terbaring sakit, keluarganya mengatakan kepada surat kabar Denmark Berlingske pada Minggu (18/7/2021).

Ia berada di balik 12 gambar yang diterbitkan oleh surat kabar harian konservatif Jyllands-Posten dengan judul “Wajah Muhammad”, salah satunya memicu kemarahan khusus karena menghina umat Islam dengan menunjukkan Nabi Muhammad SAW mengenakan sorban berbentuk bom.

Kartun-kartun tersebut pada awalnya hampir tidak diperhatikan, tetapi setelah dua minggu, sebuah demonstrasi menentang mereka diadakan di Kopenhagen dan kemudian para duta besar dari negara-negara Muslim di Denmark mengajukan protes.

Kemarahan kemudian meningkat menjadi protes anti-Denmark di seluruh dunia Muslim pada Februari 2006. Beberapa demonstrasi berujung menjadi kekerasan. Kedutaan Denmark dan Norwegia diserang dan puluhan orang tewas.

Peristiwa tersebut menyebabkan perdebatan tentang Islamofobia dan batasan kebebasan berekspresi dan beragama di Denmark dan sekitarnya.

Pada tahun 2015, 12 orang tewas dalam serangan terhadap tabloid mingguan satir Charlie Hebdo di Paris, yang telah mencetak ulang kartun tersebut pada tahun 2012.

Westergaard telah bekerja di Jyllands-Posten sejak pertengahan 1980-an sebagai ilustrator dan menurut Berlingske gambar tersebut telah dicetak sekali sebelumnya tetapi tanpa menimbulkan banyak kontroversi.

Selama tahun-tahun terakhir hidupnya Westergaard, seperti sejumlah orang lain yang terkait dengan kartun, harus hidup di bawah perlindungan polisi di sebuah alamat rahasia.

Pada awal 2010, polisi Denmark menangkap seorang pria berusia 28 tahun bersenjatakan pisau di rumah Westergaard, di mana dia berencana untuk membunuhnya. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya