Taliban Masuk Ibu Kota Helmand, Pertempuran Sengit Terjadi Melawan Militer Afghanistan

0 979

KABUL (Arrahmah.com) — Tentara Afghanistan terlibat baku tembak dengan milisi Taliban selama dua hari terakhir. Bentrokan hebat itu terjadi setelah kelompok militan tersebut memasuki ibu kota Helmand, Lashkargah.

“Sejak Kamis (29/7/2021) pagi, Taliban telah melancarkan serangan dari beberapa arah ke kota Lashkargah,” kata seorang pejabat pemerintah kepada Reuters tanpa menyebut nama.

Pejabat itu menambahkan, pasukan keamanan Afghanistan sejauh ini cukup sukses menahan upaya Taliban untuk merebut kota itu dengan bantuan angkatan udara Afghanistan. Tetapi operasi militer di sana terhambat oleh kehadiran warga sipil di daerah itu sebagaimana dilansir The New Arab, Jumat (30/7).

“Ratusan keluarga telah meninggalkan daerah itu dan pindah ke tempat lain yang lebih aman,” kata warga Lashkargah Hafiz Ahmad.

Dia menambahkan, para warga yang terjebak terpaksa mengunci diri di rumah mereka.

Daerah tersebut seperti kota mati ketika tembakan senjata dan artileri bergema.

PBB melaporkan bahwa jumlah korban sipil telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir di Afghanistan.

Seorang anggota dewan provinsi Helmand Abdul Majid Akhundzada mengatakan, Taliban telah merebut beberapa daerah di Lashkargah.

Dia menuturkan, pertempuran sengit terjadi di daerah yang dekat dengan bandara di kota itu.

Akhundzada khawatir bila Lashkargah segera jatuh ke tangan Taliban.

Komandan pasukan AS di kawasan itu mengatakan, angkatan udara AS telah meningkatkan serangan udara untuk mendukung pasukan Afghanistan. Namun, pihaknya tidak memastikan apakah dukungan tersebut akan berlanjut setelah misi militer “Negeri Paman Sam” di Afghanistan berakhir pada 31 Agustus. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya