Kondisi memburuk, Presiden Ghani salahkan Amerika

0 582

KABUL (Arrahmah.com) – Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyalahkan keamanan negara yang memburuk pada Amerika Serikat yang memutuskan “tiba-tiba” untuk menarik pasukannya.

Mempresentasikan rencana keamanannya di hadapan Parlemen pada Senin (2/8/2021), Ghani mengatakan situasi di negara yang dilanda perang itu akan “terkendali dalam waktu enam bulan”, menambahkan bahwa AS telah menjanjikan dukungan penuhnya.

“Alasan untuk situasi kami saat ini adalah bahwa keputusan itu diambil secara tiba-tiba,” katanya kepada Parlemen, seraya menambahkan bahwa dia telah memperingatkan Washington bahwa penarikan itu akan memiliki konsekuensi, lansir Al Jazeera.

Presiden menambahkan bahwa “melindungi rakyat” adalah tugas yang akan dia pertahankan.

Setelah pidatonya, kedua majelis parlemen merilis pernyataan bersama, menyatakan dukungan penuh mereka untuk rencana keamanan Ghani.

Dalam pernyataan mereka, para legislator menyatakan dukungan “tegas” mereka terhadap hak asasi manusia dan perempuan serta kebebasan berbicara dan mengatakan bahwa mereka mendukung Tentara Nasional Afghanistan, “yang mengorbankan hidup mereka untuk bangsa”.

‘Waktunya habis, in syaa Allah’

Sebagai tanggapan, Imarah Islam Afghanistan (Taliban) merilis pernyataan kepada media, menyebut pernyataan Ghani “omong kosong” dan mengatakan “waktunya sudah berakhir”.

Selama berbulan-bulan, perolehan teritorial cepat Taliban selama tahap akhir penarikan militer AS sebagian besar terjadi di daerah pedesaan yang jarang penduduknya.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, itu telah membawa tekanan yang meningkat pada ibu kota provinsi dan menyita penyeberangan perbatasan utama.

Perebutan pusat kota besar mana pun akan membawa serangan mereka saat ini ke tingkat yang lebih tinggi dan memicu kekhawatiran bahwa tentara tidak mampu melawan kemajuan Taliban. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya