Seorang Pria Tembak Mati 4 Petugas Keamanan di Kedubes Prancis di Tanzania

0

TANZANIA (Arrahmah.com) – Seorang pria bersenjata ditembak mati setelah membunuh tiga polisi dan seorang penjaga keamanan swasta di daerah Salenda, Dar es Salaam dekat Kedutaan Prancis di Tanzania.

Video baku tembak yang direkam seseorang dari gedung di seberang lokasi pun viral di media sosial. Peristiwa menegangkan itu terjadi pada Rabu (25/8/2021).

Setelah melakukan aksinya, pelaku bersembunyi di pos penjagaan hingga akhirnya ditembak mati petugas.

Dilansir dari Reuters, polisi mengatakan, pelaku pertama kali menembak dua petugas dengan pistol di sebuah persimpangan sekitar lokasi.

Pelaku lalu mengambil senapan polisi dan berjalan menuju kedutaan Prancis yang berjarak beberapa ratus meter.

“Pelaku menembak secara acak dan menduduki pos jaga,” katanya.

Menanggapi peristiwa ini, Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan melalui Twitternya mengatakan pelaku telah dinetralkan dan kondisi kembali tenang.

“Saya menyampaikan belasungkawa kepada kepolisian, keluarga tiga polisi, dan satu petugas perusahaan keamanan SGA, yang kehilangan nyawa mereka setelah orang bersenjata menyerang mereka di daerah Salenda di Dar es Salaam,” kata Hassan.

Sementara itu, Komisaris Polisi Operasi dan Pelatihan Liberatus Sabas, Inspektur Jenderal Polisi Simon Sirro melalui akun Twitter dan dibagikan oleh akun Kepolisian Tanzania mengatakan, selain menewaskan empat petugas, pelaku juga melukai enam lainnya.

Polisi juga berusaha mengidentifikasi pelaku. Hingga saat ini, motif penyerangan belum diketahui.

Sirro menduga serangan itu mungkin terkait dengan peran Tanzania di negara tetangga Mozambik.

Sebelumnya, Tanzania mengirim pasukan bulan ini untuk membantu memerangi militan sebagai bagian dari pasukan keamanan regional.

“Ada masalah, tentara kami ada di sana,” kata Sirro tentang Mozambik. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah