Irak-AS sepakati upaya untuk mengakhiri kehadiran tempur Amerika

0

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi kemarin (9/9/2021) menerima kepala Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM), Jenderal Kenneth McKenzie, di Baghdad dan setuju untuk mengadakan pertemuan komite militer teknis Amerika dan Irak untuk menyelesaikan rencana mengakhiri kehadiran tempur AS pada akhir tahun ini.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Al-Kadhimi mengutipnya mengatakan bahwa “dukungan dan pelatihan” yang diterima oleh pasukan Irak “telah menjadi elemen penting dalam meningkatkan kemampuan pasukan keamanan” dengan cara yang memungkinkan pemerintah untuk bergerak dalam hubungannya. dengan koalisi internasional, ke tahap mengakhiri misi tempur”.

Pernyataan tersebut mengutip Jenderal McKenzie yang mengatakan bahwa keputusan untuk menyerahkan kepemimpinan koalisi kepada Mayor Jenderal John Brennan yang akan menggantikan Letnan Jenderal Paul Calvert, merupakan salah satu langkah untuk mencapai transisi ini.

Jenderal McKenzie menekankan bahwa mengurangi kehadiran militer AS tidak akan melemahkan komitmen Amerika terhadap hubungan strategis yang lebih luas dengan Irak.

Juli lalu, Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa negaranya akan menyelesaikan misi tempurnya di Irak pada akhir tahun ini dan memulai fase baru kerja sama militer dengan Baghdad.

Saat ini ada sekitar 2.500 tentara AS di Irak yang mendukung tentara negara itu dalam perjuangan mereka melawan Daesh dan melindungi fasilitas minyak vitalnya. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah