Digosipkan meninggal, salah satu pendiri Taliban sebarkan rekaman suara

0 461

KABUL (Arrahmah.com) – Salah satu pendiri Taliban yang saat ini menjabat wakil perdana menteri Afghanistan merilis sebuah pernyataan audio pada Senin (13/9/2021) yang mengatakan dia masih hidup dan dalam kondisi sehat setelah berita tentang kematiannya menjadi viral di media sosial.

Abdul Ghani Baradar, yang pekan lalu disebut sebagai orang nomor dua Mullah Mohammed Hassan Akhund, menyalahkan “propaganda palsu” atas rumor kematian dalam pesan audio yang diposting oleh Taliban.

Media sosial dipenuhi hiruk-pikuk atas spekulasi – terutama di India, di mana desas-desus beredar bahwa ia telah terluka parah dalam baku tembak antara faksi-faksi Taliban yang saling bersaing di istana presiden.

“Ada berita di media tentang kematian saya,” kata Baradar dalam rekaman itu.

“Selama beberapa malam terakhir saya melakukan perjalanan. Di mana pun saya berada saat ini, kami semua baik-baik saja, termasuk semua saudara dan sahabat saya.”

“Media selalu mempublikasikan propaganda palsu. Karena itu, tolak dengan berani semua kebohongan itu, dan saya 100 persen tegaskan kepada anda tidak ada masalah, dan kami tidak punya masalah.”

Rekaman tersebut diterbitkan di situs resmi Taliban – termasuk juru bicara kantor politik pemerintah baru.

Pemimpin tertinggi Taliban, Hibatullah Akhundzada, juga dikabarkan telah meninggal selama beberapa tahun sebelum juru bicara kelompok itu mengatakan dia hadir di Kandahar dua minggu setelah mereka mengambil alih kekuasaan.

Rumor yang beredar di Pakistan dan Afghanistan telah menyarankan dia terinfeksi oleh virus Corona atau terbunuh dalam sebuah pemboman. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya