Jepang Peringatkan Warganya Akan Kemungkinan Serangan di Asia Tenggara

0 543

TOKYO (Arrahmah.com) – Pemerintah Jepang menerbitkan peringatan kepada warganya untuk waspada akan ancaman serangan teror di wilayah Asia Tenggara.

Kementerian luar negeri “Negeri Sakura” menyatakan, warganya diperingatkan untuk menjauhi tempat ibadah dan kerumunan.

Berdasarkan informasi yang diterima Tokyo, terdapat peningkatan risiko ancaman aksi teror, seperti bom bunuh diri.

Selain Indonesia, Jepang juga memeringatkan warganya yang tinggal di Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Dilansir AP, Senin (13/9/2021), peringatan yang dikeluarkan “Negeri Sakura” tak pelak membuat enam negara Asia Tenggara tersebut kebingungan. Sebabnya, mereka tak mendapati adanya ancaman mencurigakan di wilayah mereka, atau menerima detil informasi dari Tokyo.

Tanee Sangra, juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand menerangkan, Jepang tidak memberikan konfirmasi dari mana sumber mereka.

Kedutaan Besar Jepang di Bangkok juga tidak memberikan informasi rinci, selain mengatakan “ancaman itu tak secara spesifik ditujukan ke Thailand”.

Adapun juru bicara kepolisian “Negeri Gajah Putih” Kissana Pathanacharoe berujar, mereka juga tidak menemukan aktivitas mencurigakan.

Juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasya membantah bahwa ada peringatan yang dikirimkan kepada warga Jepang.

Sementara Kepala Polisi Malaysia Acryl Sani Abdullah Sani senada dengan tetangganya, mereka tidak menerima adanya ancaman keamanan.

Dalam peringatan tersebut, Tokyo mengimbau warganya untuk terus memerhatikan informasi lokal dan berhati-hati. Namun, mereka tidak memberikan detil mengenai waktu ancamannya.

Mereka juga menolak menjabarkan apakah sudah membagikan informasinya ke negara lain.

Pemerintah Jepang hanya menerangkan, peringatan tersebut hanya dibagikan ke kedutaan besar negara yang menjadi sorotan. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya