Abdul Ghani Baradar Masuk Dalam Daftar 100 Tokoh Berpengaruh di Dunia Tahun 2021

0

KABUL (Arrahmah.com) – Wakil Perdana Menteri interim Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar masuk dalam daftar 100 tokoh berpengaruh di dunia pada 2021 versi majalah Time.

Mullah Baradar baru saja diumumkan sebagai salah satu petinggi dalam pemerintahan Afghanistan yang dibentuk oleh Taliban. Mullah Baradar sebelumnya menjabat sebagai kepala biro politik Taliban dan memiliki kantor perwakilan politik di Doha, Qatar.

Ketika Taliban merebut Kabul pada 15 Agustus, Mullah Baradar adalah salah satu penting orang di balik kemenangan kelompok tersebut, terutama berkat lobi-lobinya dan negosiasinya.

Melansir Time (16/9/2021), Mullah Baradar membuat semua keputusan besar, termasuk amnesti yang ditawarkan kepada para pejabat rezim pemerintah Afghanistan sebelumnya.

Dia juga aktor di balik tidak adanya pertumpahan darah ketika Taliban berhasil menduduki Kabul. Mullah Baradar juga menjalin kontak dan melakukan kunjungan dengan negara-negara tetangga Afghanistan, terutama Cina dan Pakistan.

Time melaporkan, Mullah Barabar adalah sosok pendiam sekaligus tertutup dan jarang memberikan pernyataan atau melakukan wawancara.

Di internal Taliban, Mullah Baradar mewakili faksi dan arus yang lebih moderat. Arus moderat ini yang ingin terus ditonjolkan untuk mengambil dukungan Barat ketika Afghanistan tengah perekonomian terlunta-lunta dan membutuhkan bantuan keuangan.

Mullah Baradar juga merupakan tokoh kunci yang membujuk Amerika Serikat supaya hengkang dari Afghanistan hingga akhirnya Taliban bisa kembali merebut Kabul. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah