Keluarga Jihadis Asal Prancis Minta HTS Bebaskan Anggota Keluarga Mereka

0

IDLIB (Arrahmah.com) – Ibu dari pemimpin kelompok muhajirin Prancis angkat bicara untuk pertama kalinya menyikapi penangkapan anggota keluarganya. Dia meminta kelompok perlawanan Suriah Hai’ah Tahrir Syam (HTS) membebaskan Omar Omsen pemimpin kelompok Firqatul Ghuraba.

Dilansir OGN yang digawangi Bilal Abdul Kareem (20/9/2021), ibunya Omar Omsen pun meminta anak Omar Omsen, Bilal, untuk dibebaskan. Menurutnya, dirinya heran kenapa HTS menahan cucunya selama 1 tahun padahal tidak tidak tau apa-apa.

Omar Omsen alias Omar Diaby, pemimpin Brigade Firqatul Gharaba, sebelumnya telah ditangkap HTS setahun lalu.

Omar ditangkap setelah menghadiri sidang pengadilan HTS sehubungan dengan penangkapannya sebelumnya pada 12 Agustus.

Dia dipanggil terkait “rekonsiliasi” menyusul pertempuran dengan beberapa anggota Partai Islam Turkistan (TIP), sebuah kelompok militan Uighur independen yang berbasis di Idlib.

Penangkapan Omsen terjadi kala itu di tengah tindakan keras HTS terhadap oposisi dan pihak yang berbeda pendapat dengannya.

Mereka yang saat itu ditahan oleh kelompok tersebut diantaranya adalah Bilal Abdul Kareem, seorang jurnalis Amerika dan kontributor Middle East Eye, serta Tauqir “Tox”Sharif, seorang relawan kemanusian Inggris. (Hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah