Menlu Afghanistan akan menemui perwakilan Uni Eropa di Doha

0

KABUL (Arrahmah.com) – Delegasi Taliban akan bertemu dengan perwakilan Uni Eropa di Doha pada Selasa (12/10/2021), penjabat menteri luar negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi mengatakan, setelah pembicaraan tatap muka pertama mereka dengan Amerika Serikat.

Orang-orang Afghanistan telah bertemu dengan pejabat pemerintah Jerman dan seorang anggota parlemen Inggris, kata Muttaqi pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Konflik dan Kemanusiaan Qatar pada Senin (11/10), lansir AFP.

“Besok kami bertemu dengan perwakilan Uni Eropa. Kami mengadakan pertemuan positif dengan perwakilan negara lain,” katanya di ibukota Qatar.

“Kami menginginkan hubungan positif dengan seluruh dunia. Kami percaya pada hubungan internasional yang seimbang. Kami percaya hubungan yang seimbang seperti itu dapat menyelamatkan Afghanistan dari ketidakstabilan,” tambah Muttaqi.

Pada Sabtu dan Ahad, mereka mengadakan pembicaraan langsung pertama mereka dengan para pejabat AS sejak kembali berkuasa. Pihak Amerika menekankan bahwa pertemuan itu tidak berarti pengakuan terhadap pemerintah Taliban.

Ekonomi Afghanistan tertatih-tatih di ambang kehancuran, dengan terputusnya bantuan internasional, naiknya harga pangan, dan melonjaknya pengangguran.

Upaya Taliban untuk mengonsolidasikan kekuasaan mereka juga telah dirusak oleh serangkaian serangan oleh Negara Islam-Khorasan (ISKP), yang mengklaim pemboman sebuah kuil Syiah yang menewaskan lebih dari 60 orang pada Jumat lalu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah