BEM SI gelar demo serukan Jokowi mundur

0

JAKARTA (Arrahmah.com) – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Kamis (21/10/2021). Demonstrasi tersebut digelar untuk memperingati tujuh tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dalam aksi tersebut, teriakan “Jokowi mundur” didengungkan oleh para mahasiswa. Mereka menilai selama tujuh tahun pemerintahan Jokowi banyak masalah yang tidak terselesaikan.

“Mundur, mundur, Jokowi,” teriak orator dari mobil komando yang diikuti massa aksi.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Selain menyerukan agar Jokowi mundur dari kursi kepresidenan, massa aksi juga membawa spanduk bertuliskan ‘7 Tahun Jokowi Khianati Rakyat,’ ‘Gruduk Istana Oligarki’, dan ‘Reformasi Habis Dikorupsi Oligarki’.

Massa aksi terlihat mulai memadati kawasan Patung Kuda sejak pukul 11.20 WIB. Massa BEM SI terdiri dari sejumlah ratusan mahasiswa yang berasal dari sejumlah universitas.

Koordinator Bidang Isu Hukum dan HAM serta Korupsi BEM SI, Zakky Musthofa Zuhad mengatakan, aksi ini rencananya diikuti 1.000 mahasiswa.

“Sekitar 1000-an yang terkonfirmasi,” kata Zakky saat dikonfirmasi wartawan.

Tidak hanya di Jakarta, aksi tersebut juga digelar diberbagai daerah di Indonesia.

“Lampung, Riau, Palembang, Kalimantan, NTB, Solo, Yogyakarta, dan lain-lain,” ujar Zakky.

Aksi ini digelar berdasarkan undangan yang disebar BEM SI. Dalam undangan tersebut BEM SI menyatakan bahwa Jokowi telah mengkhianati rakyat. Mereka juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti aksi ini.

“Tujuh tahun Jokowi mengkhianati rakyat. Maka dari itu, kami mengajak seluruh Mahasiswa di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti Aksi Nasional, Seruan Gruduk Istana Oligarki,” tulis BEM SI dalam undangannya.

Rabu 20 Oktober kemarin, tepat dua tahun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia, setelah resmi terpilih berdasarkan hasil pemilihan umum yang diselenggarakan pada 2019 lalu.

Sementara periode pertamanya, Jokowi menggandeng Jusuf Kalla sebagai wakil presiden, setelah resmi terpilih pada pemilihan umum 2014. Terhitung mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah memimpin pemerintahan Indonesia selama tujuh tahun.

Meski sempat diguyur hujan deras, massa tetap menggelar unjuk rasa sambil berorasi di kawasan Patung Kuda.

Rencananya, aksi ini akan digelar di seberang Istana Negara. Namun, mahasiswa hanya berkumpul di kawasan Patung Kuda dengan membentangkan spanduk tuntutan sambil berorasi.

Dalam aksinya, mahasiswa juga menyampaiakan beberapa tuntutan, di antaranya menuntut pemerintah menerbitkan Perppu pembatalan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, menuntut perbaikan dan peningkatan ekonomi, mengembangkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalam negeri tanpa utang.

Menuntut kebebasan sipil sesuai amanat konstitusi dan menjamin keamanan setiap orang atas hak berpendapat. Mewujudkan supremasi hukum dan HAM yang berkeadilan, tidak tebang pilih dan tuntaskan HAM masa lalu, serta beberapa lainnya.

Presiden Jokowi sendiri saat ini sedang berada di Kalimantan Selatan untuk kunjungan kerja. (rafa/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah