Foto Memilukan Ayah dan Anak Suriah Memenangkan Penghargaan Internasional

0

SIENNA (Arrahmah.com) – Sebuah foto memilukan dari seorang ayah Suriah berkaki satu dengan putranya yang masih kecil lahir tanpa anggota tubuh bagian atas dan bawah memenangkan penghargaan Foto Tahun ini di Siena International Photo Awards (SIPA) 2021.

Foto diambil oleh fotografer Turki Mehmet Aslan di distrik Reyhanli provinsi Hatay, Turki yang berbatasan dengan Suriah.

Dinamakan “Hardship of Life,” foto itu menunjukkan ayah Munzir – yang kehilangan kaki kanannya dalam serangan bom di Idlib – mengayunkan putranya yang masih kecil Mustafa di udara.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Mustafa, nampak dengan senyum lebar, lahir tanpa anggota tubuh bagian bawah atau atas karena kelainan bawaan yang disebabkan oleh obat-obatan yang harus diminum ibunya Zeynep pasca menderita serangan gas saraf di Suriah.

Keterangan di bawah entri foto pemenang berbunyi: “Mustafa membutuhkan prostesis elektronik khusus di masa depan yang, sayangnya, belum tersedia di Turki.”

“Kebahagiaan ayah dan putranya, bahkan ketika pria itu berdiri dengan satu kaki, itu sangat berbahaya,” kata Kataoka Hideko, Direktur Fotografi di Newsweek Jepang dan salah satu juri di panel. lansir The New Arab (23/10/2021).

“Hati saya, sesaat menyelamatkan momen cinta yang menyenangkan, dibayangi oleh kehidupan panjang dan keras yang mereka hadapi di depan, biaya besar yang ditinggalkan oleh perang,” tambahnya.

Perang di Suriah dimulai lebih dari sepuluh tahun yang lalu ketika pemberontakan damai ditekan dengan kekerasan, yang mengarah ke perang saudara skala penuh.

Ada 5,6 juta pengungsi Suriah terdaftar di seluruh dunia saat ini, termasuk 2,5 juta anak-anak, yang tinggal di tempat-tempat seperti Mesir, Irak, Yordania, Lebanon dan Turki, menurut UNICEF.

SIPA sendiri merupakan ajang bergengsi yang menerima ribuan foto dari fotografer di 163 negara, menurut PetaPixel.

Pemenang akan ditampilkan di kota Italia Siena mulai tanggal 23 Oktober sebagai bagian dari festival seni visual Siena Awards. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah