Kenakan Kaos Muslim Uighur di Depan Kabah, Seorang Pria Ditahan Polisi Saudi

0 320

 

MEKKAH (Arrahmah.com) —  Polisi Arab Saudi menahan ayah politisi Uyghur Amerika Serikat (AS) Salih Hudayar, Setiwaldi Abdukadir, karena mengenakan T-shirt untuk mendukung muslim Uighur di depan Kabah, lansir Siasat.com (28/10/2021).

Dalam T-shirt itu, terdapat tulisan “Dukung Penghentian Genosida dan Pendudukan Cina di Turkistan Timur”.

Setelah ayahnya ditahan, Hudayar meminta AS agar mendesak Saudi  untuk segera membebaskan ayahnya.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

“Kami melihat ini sebagai upaya langsung oleh otoritas Arab Saudi untuk menenangkan Cina. Mendukung penghentian Genosida dan Pendudukan Cina di Turkistan Timur adalah kewajiban semua Muslim. Kami mendesak @KSAmofaEN untuk segera membebaskan Pak Abdukadir,” twit  East Turkistan Government di Exile dalam akun media sosialnya (28/10).

Baru-baru ini, sebuah laporan media mengklaim bahwa Cina telah menciptakan mekanisme internal dan eksternal baru untuk memantau dan mengontrol lebih lanjut populasi Uighur di provinsi  Xinjiang.

Saat ini Cina telah menerapkan strategi tiga cabang untuk Xinjiang yang melibatkan; penempatan manajer yang bertanggung jawab atas setidaknya sepuluh rumah tangga Uighur, keluarga palsu dari mayoritas Han China yang ditugaskan masuk ke dalam keluarga muslim Uighur, dan pengawasan langsung Komisi Urusan Politik dan Hukum Pusat (CPLAC) dari Partai Komunis Cina (CPC). (hanoum/arrahmah.com)

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah